Menyambut HUT Ke-144, Karantina Pertanian Kelas II Palu Gelar Vaksinasi

  • Whatsapp
Balai Karantina-2d3aee81

BIROBULI UTARA, MERCUSUAR – Badan Karantina Pertanian melalui Karantina Pertanian kelas II Palu menggelar vaksinasi gratis di Kantor Karantina pertanian kelas II Palu, Selasa (12/10/2021).

Giat tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Karantina Pertanian ke-144 yang jatuh pada 18 Oktober 2021 mendatang. Pelaksanaanya tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Selain dari internal, kegiatan ini diikuti oleh masyarakat, pelajar, mahasiswa dan pegawai Instansi pemerintahan yang menjadi mitra kerja Karantina. Sesuai dengan usia karantina pertanian, kami menargetkan 144 orang yang divaksin,”  kata Kepala Balai Karantina kelas II Palu, Amril kepada Mercusuar.

Menurutnya, vaksinasi Covid-19 dalam rangkaian Hari Karantina Pertanian tidak lain untuk membantu pemerintah dalam program percepatan vaksinasi nasional dan memperkuat imunitas masyarakat dari Covid-19.

Pilihan Redaksi :  Untad dan BNI, Serahkan Buku Tabungan Penerima KIP-Kuliah 2021

Kegiatan vaksinasi yang digelar kali ini kata Amril, bekerjasama dengan kantor Kesehatan pelabuhan kelas III Palu, dimana dalam kegiatan ini juga pihaknya menyiapkan doorprize untuk peserta vaksinasi yang beruntung.

Menyambut HUT ke 144 karantina pertanian, kata Amril, pihaknya melakukan kegiatan-kegiatan bersentuhan langsung dengan masyarakat yang dilaksanakan sejak taggal 1 sampai 18 Oktober 2021. Beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu Gowes, penanaman sekaligus panen kelor merah khatulistiwa di Kayumalue Ngapa, lomba video masak menggunakan bahan baku kelor merah khatulistiwa, dan vaksinasi covid-19 dosis I dan II.

Selain itu, kegiatan pengobatan dan suntik binatang kesayangan yang dilaksanakan di Kabupaten Tolitoli, Luwuk dan Kota Palu.

Amril berharap di HUT ke 144 karantina pertanian, masyarakat bisa lebih memahami pentingnya penceharan pencegahan penyakit pada hewan dan tumbuhan, karena hal itu merupakan prinsip utama dari karantina pertanian.

Pilihan Redaksi :  FKM Untad Kuliah Umum Bersama Dosen Griffith University

“Masyarakat diharapkan bisa mengenal tetang pentingnya kesehatan hewan dan tumbuhan yang akan berakibat pada kehidupan manusia selanjutnya,” ujarnya.

Selain itu kata dia, tugas tambahan balai karantina pertanian adalah sebagai keamanan pangan yang konsumsi masyarakat. Jika terjadi sesuatu akibat pangan masyarakat, menjadi tanggungjawab karantina.

Ditempat yang sama, Koordinator wilayah kerja  bandara, kantor Kesehatan pelabuhan kelas III Palu, dr Lisda Ulya Khairlika mengapresiasi kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan balai karantina pertanian kelas II Palu dalam rangka HUT ke – 144 karantina pertanian.

“Tujuan kegiatan ini tentunya berpartisasi cegah tangkal covid-19 untuk meningkatkan herd immunity dan Kesehatan warga Palu,” kata dr Lisda.

Target vaksinasi kali ini kata dia, 144 orang, tapi pihaknya tetap siap jika melebihi target.

Pilihan Redaksi :  Naikan Imum, Pemkot Galakan Jumat Sehat

Alhamudliah saat ini vaksin kami sedang banyak, jadi warga Palu yang belum vaksin boleh ikut serta. Kami juga membuat posko vaksisnasi setiap hari kertja dari hari senin-jumat pukul 09.00 – 14.00 Wita di Kantor Kesehatan Pelabuhan.TIN

Baca Juga