Personel Satpol PP Minta Kabid Trantibum Dipindahkan

  • Whatsapp
Protes Satpol PP-9e7658d2
AKSI PROTES - Sejumlah personel Satpol PP Palu, saat mendatangi kantor Wali Kota Palu terkait ketidakpuasan tindakan Kabid Trantibum Satpol PP, Selasa (4/9/2022). FOTO:ANDI BESSE/MS

TANAMODINDI, MERCUSUAR – Puluhan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palu melakukan aksi protes dan meminta Wali Kota Palu untuk memindahkan Kepala Bidang Ketertiban Umum (Trantibum) Satpol PP Kota Palu, Irvan Suebo dari Kantor Satpol PP Kota Palu.

Permintaan personel Satpol PP ini juga digelar dengan membentangkan spandukberisikan tulisan “Assalamualaikum,yang kami hormati bapak walikota Palu,ibu Wakil Walikota Palu dan ibu Sekot Palu dengan ini kami menayatakan sikap meminta bapak Walikota memindahkan Kabid Trantibum” di depan Kantor Sekretariat Kota Palu, Selasa (4/9/2022).

Perwakilan Personel Satpol PP Palu, Hajar menyebut permintaan itu dilandasi beberapa hal. Dimana Irvan dinilai tidak sejalan dengan personel di bidang Trantibum. “Ini spontanitas personel karena beberapa bulan terakhir sudah ada gesekan. Kebijakan yang dia ambil tidak sejalan dengan anggota di lapangan,”ungkap Hajar.

Menurutnya pejabat bersangkutan dalam melaksanakan tugasnya tidak berkoordinasi dengan komandan Pleton (Danton), komandan Kompi (Danki) dan komandan regu (Danru). Hal itu menyebabkan para anggota kebingungan.

“Biasanya koordinasi dengan Danton, Danki dan Danru. Beliau selalu memotong instruksi langsung ke anggota tanpa melalui danton dan Danki. Dari Kasat ke dia langsung ke anggota,”jelas Hajar.

Menurutnya hal itu sama saja dengan mengubah tatanan koordinasi yang telah berjalan selama ini. Jadi kadang anggota di lapangan yang patroli bingung tiba-tiba ada perombakan tanpa ada koordinasi ke Danton, sehingga berkesan arogan dalam bertindak, “sebutnya.

Ditanyakan soal isu pemotongan honorarium personel, Hajar menyebut hal itu bukan menjadi alasan dibalik permintaan itu. “Bukan soal itu. Sebenarnya ini miss komunikasi antara beliau (Irvan) dan anggota di lapangan,”

Karena pertimbangan itu ungkap Hajar, personel umumnya meminta agar Kabid Trantibum dipindahkan dari Kantor Satpol PP Palu.

Sementara itu, Wali Kota Palu Hadianto Rasyid yang menerima perwakilan personel Satpol PP mengaku akan segera menindaklanjuti permintaan tersebut. Menurutnya pemindahan Kabid Trantibum akan dilakukan dalam waktu dekat bersamaan dengan rotasi jabatan dalam eselon III. ABS

Baca Juga