Sopir Hingga ART Daftar BPJAMSOSTEK

Ilustrasi. FOTO: IST

TATURA SELATAN, MERCUSUAR – BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) mengharapkan semua pihak berperan aktif menyejahterakan pekerjaan. Kepala BPJAMSOSTEK Sulawesi Tengah (Sulteng), Andi Syamsu Rijal, berharap semua pihak dapat berperan aktif dalam menyejahterakan seluruh pekerja, khususnya di lingkungan masyarakat yang secara finansial masuk dalam kategori mampu.

“Saat ini kami intens melakukan komunikasi dan berkordinasi dengan pemerintah daerah mengenai program kesejahteraan pekerja,” kata Kepala BPJAMSOSTEK Sulteng, Andi Syamsu Rijal, belum lama ini.

Lanjut dia, seluruh pejabat pemerintah daerah dapat memberikan teladan dalam menerapkan program SERTAKAN yaitu “Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda”, melalui pekerja yang ada di rumah masing-masing maupun anggota keluarga yang belum memiliki perlindungan ketenagakerjaan karena terkendala ekonomi.

“Jadi melalui program SERTAKAN ini, semua pejabat daerah atau jajarannya bisa mendaftarkan pekerja yang ada di rumahnya, misalnya ART, Sopir, Tukang Kebun dan bahkan keluarganya yang merupakan pekerja informal untuk menjadi peserta Mandiri dengan iuran Rp16.800/bulan dengan manfaat yakni JKK dan JKM, atau sebesar Rp36.800/bulan untuk manfaat tambahan yakni JHT,” jelasnya.

Andi Syamsu Rijal menambahkan, hingga saat ini untuk Sulteng, jumlah pekerja yang memiliki Jaminan Sosial Ketenagakerjaan belum mencapai 50 persen, sehingga dirinya berharap melalui program tersebut, ke depan semakin banyak masyarakat yang memiliki perlindungan.

“Harapannya melalui program SERTAKAN ini, akan semakin banyak pekerja kita terlindungi, karena kita mau menyentuh pejabat atau masyarakat umum yang memiliki pekerja di rumahnya yang belum terlindungi oleh BPJAMSOSTEK,” ujarnya.

“Jadi dengan adanya program SERTAKAN ini, mereka bisa daftarkan jadi peserta mandiri sebagai bentuk perhatiannya bagi pekerjanya dan orang disekitarnya,” tutupnya. ABS

Pos terkait