TPS Ditutup- Sejumlah Warga Masih Nekat Buang Sampah

Birobuli Selatan

BIROBULI SELATAN, MERCUSUAR – Meskipun TPS Jalan Banteng telah ditutup pada Rabu, (2/6/2021) dan telah dijaga petugas Satgas K5, Kelurahan Birobuli Selatan, namun tetap saja ada beberapa warga yang nekat membuang sampahnya dengan cara dilempar dari atas kendaraan bermotor dan setelah ditelusuri diduga warga yang melakukan itu adalah warga dari Kabupaten Sigi.

Lurah Birobuli Selatan, Hisyam Baba mengatakan, pihaknya langsung mengambil keputusan untuk menugaskan anggota Satgas K5 kelurahan setempat untk melakukan penjagaan dan pengawasan di TPS tersebut, untuk mengantisipasi bilamana masih ada warga yang nekat membuang sampah di lokasi TPS yang sudah ditutup, ketika mendapati warga maka akan dikenai denda sesuai perda kebersihan sebesar Rp.250 ribu.

“Setelah dievaluasi rupanya masih banyak warga yang tetap nekat membuang sampah di lokasi TPS yang di tutup tersebut, terutama saat pagi hari, siang hari dan saat malam hari,” jelas Hisyam, Jumat (4/6/2021).

Berdasarkan laporan anggota Satgas K5 dan hasil evaluasi yang dilakukan, dan setelah berkoordinasi dengan Ketua RT setempat, maka lurah memutuskan untuk menutup sementara akses jalan masuk ke lokasi TPS dan jalan keluar dari lokasi TPS dengan menggunakan seng.

Penutupan akses jalan masuk ke lokasi TPS yang sudah ditutup ini dikerjakan anggota Satgas K5 Kelurahan Birobuli Selatan SEL dibantu warga sekitar dan ibu-ibu PKK kelurahan Birobuli Selatan.

“Akses jalan masuk dan keluar TPS tersebut ditutup semntara dengan bahan seng dan kayu. Sewaktu-waktu apabila situasi sudah aman, akses jalan yang ditutup tersebut akan dibuka kembali untuk kepentingan masyarakat,”bebernya.

Terpisah Wali Kota Palu Hadianto mengatakan pada 7 Agustus 2021 akan menjadi Hari Sadar Bersih. Pada hari itu, semua OPD dan masyarakat dari tingkat RT hingga kecamatan bersama-sama membersihkan wilayahnya masing-masing secara serentak

“Tidak hanya itu, Hari Sadar Bersih berlaku bagi semua masyarakat di Kota Palu. sebagai Hari Bersih Kota Palu,”kata Hadianto.

Hadianto menambahkan, kegiatan itu dilakukan untuk mendorong semangat menuju Kota Adipura 2023. Hari Sadar Bersih nantinya akan menjadi program tetap Pemkot Palu. ABS

Pos terkait