Tumpukan Sampah di Tondo Dikeluhkan Warga

  • Whatsapp

TONDO, MERCUSUAR – Tumpukan sampah di depan pagar kawasan perumahan elit, yang berlokasi di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, menimbulkan keresahan bagi warga. Pasalnya, tumpukan sampah tersebut, mengeluarkan bau tidak sedap yang kerap mengganggu pengguna jalan yang melintas di depan kawasan perumahan elit tersebut.

Pantauan Mercusuar di lokasi, Kamis (12/7/2018), tumpukan sampah tersebut terdiri dari sampah plastik, daun serta batang pohon kering. Sampah-sampah tersebut nampak hanya dibiarkan begitu saja oleh masyarakat. Walaupun di lokasi tersebut ada bak sampah yang sudah disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu, namun sampah tetap saja berserakan di sekitarnya. Hal ini dikarenakan volume bak sampah yang disediakan tidak mampu menampung debit sampah yang ada.

Pilihan Redaksi :  Untad Sosialisasikan PMB Jalur Prestasi di Morut

“Kami berharap instansi terkait dapat segera mengirimkan truk sampah kemari untuk mengangkutnya (sampah red.), karena baunya sudah sangat mengganggu pengendara yang melintas. Selain itu, kalau terus dibiarkan, sampahnya bisa meluber ke drainase dan menyebabkan penyumbatan, yang seringkali menyebabkan genangan air di badan jalan di kawasan tersebut, saat musim hujan,” keluh salah seorang pengendara yang melintas di depan kawasan perumahan tersebut.

Salah seorang pengendara lainnya, Agus, mengatakan, sudah seminggu terakhir, dirinya memperhatikan kalau sampah yang ada di bak sampah tersebut, tidak kunjung diangkut oleh truk pengangkut sampah. Dirinya juga menghimbau masyarakat untuk proaktif melihat permasalahan seperti ini.

“Kalau masyarakatnya peduli, saya rasa biarpun tidak ada armada pengangkut sampah, masyarakat bersama pemerintah kelurahan dan Satgas K5 setempat, bisa berinisiatif mengangkutnya sendiri ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Kawatuna, seperti yang dilakukan sejumlah kelurahan lain,” ujarnya. YUNINDA

Baca Juga