Unismuh Kembangkan Dua Olahraga Anjuran Nabi

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), mengembangkan dua olahraga yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW, yakni Panahan dan Menunggang Kuda.

Wakil Rektor III Unismuh Palu. Ir Syaifuddin Narsun, MP mengatakan, kedua olahraga ini sangat dianjurkan Nabi Muhammad SAW, sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Berita Terkait

“Ajarkanlah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah, mengingat ketiga olahraga ini selain memberikan manfaat dari segi kesehatan, sebagaimana manfaat utama olahraga, juga melatih konsenterasi, kesabaran, dan ketepatan, sehingga memudahkan untuk mengontrol diri, ini adalah manfaat lain dari panahan,” kata dia, Sabtu (28/4/2018).

Pilihan Redaksi :  Pemkot Raih Resident Administration System

Sementara menunggang kuda, memberikan manfaat, di antaranya melatih diri untuk bersahabat dengan makhluk lain, sekaligus juga menguji keberanian diri.

Keduanya secara tidak langsung memang dibutuhkan oleh setiap mahasiswa, dalam hal menuntut ilmu pengetahuan, yakni membutuhkan konsentrasi, kesabaran, mengontrol diri, sekaligus keberanian.

“Ini adalah olahraga anjuran Nabi, saya kira baik untuk kita kembangkan di kampus ini, yang kebetulan juga memang milik perserikatan Muhammadiyah,” tambahnya.

Target Unismuh dapat menghasilkan bibit-bibit atlit panahan dan kuda, karena kemungkinan besar pihak kampus akan mendatangkan pelatih dari luar yang profesional, sebagai bentuk keseriusan pihak kampus dalam menggali potensi-potensi mahasiswa di kampus ini.

Terlebih olahraga ini, peminatnya bukan hanya kaum laki-laki, melainkan juga ada dari kaum perempuan. Bahkan jika melihat atlit panahan dan kuda Indonesia, memang tidak sedikit di antaranya dari kaum perempuan.

Pilihan Redaksi :  IKA Widyaloka Palu Menuju Reuni Akbar

Kedua olahraga ini telah dibuka secara resmi oleh Rektor Unismuh Palu, Dr Rajindra, dengan cara melesatkan anak panah dari busurnya, sebagai bentuk simbolis dimulainya kedua olahraga ini. Sekaligus atraksi naik kuda dan panahan di hadapan pejabat struktural Unismuh Palu. UTM

 

Baca Juga