Keberadaan PT GNI Bantu Perekonomian Warga di Morut

  • Whatsapp
GNI-69f3395e
FOTO: Andri Muhammad Sondeng

KOLONEDALE, MERCUSUAR – PT Gunbuster Nickel Industry (GNI), sebuah perusahaan smelter nikel yang berada di Morowali Utara, Sulawesi Tengah, hadir sebagai perusahaan pengolah nikel yang bersinergi dalam program hilirisasi minerba.

Hadirnya PT GNI yang baru saja melakukan commissioning ini pun membawa berbagai manfaat, khususnya bagi perekonomian warga di sekitar Kawasan Industri di Morut. Keberadaan PT GNI yang belum lama dirasa telah banyak memberikan kontribusi yang signifikan bagi kehidupan masyarakat di wilayah tersebut.

Salah satu manfaat perekonomian yang diberikan PT GNI adalah bantuan terhadap nelayan lobster di Morowali Utara. Seorang pembudidaya lobster di Morut, Andri Muhammad Sondeng mengatakan, PT GNI telah banyak memberikan bantuan terhadap budidaya lobster yang dikembangkan nelayan.

“Kami dipercaya diberikan akses untuk bisa mendapatkan kesempatan untuk mendorong budidaya lobster. Kami sudah sebulan berjalan, pasokan lobster lokal kami justru kewalahan melakukan pengembangbiakan karena pasokan bibitnya (dari GNI) luar biasa,” ujar Andri saat diwawancarai, Selasa (21/12/2021).

Andri melanjutkan, selama ini selalu ada pasang surut perekonomian dalam menjalankan usaha budidaya lobster, terutama terkait dengan standar harga yang berbeda antara ketika musim panen dan musim non panen. Adanya bantuan dari PT GNI, menurut Andri, dimanfaatkan untuk memberikan jaminan kepastian harga dan nilai tambah ekonomi.

Di samping itu, keberadaan PT GNI juga memberikan manfaat terutama dalam menyerap tenaga kerja masyarakat sekitar. Iwan Sondeng, warga Morut yang juga menjabat sebagai Site Manager di PT Santoso Setia Murni mengungkapkan, kehadiran perusahaan juga dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja lokal dan tentunya bermanfaat bagi warga sekitar.

“Setelah adanya GNI di sini, di samping kami bekerja dan bisa menyerap tenaga kerja lokal, kami juga bisa berubah dari kontraktor sebelumnya yang lebih kecil menjadi kontraktor yang lebih besar lagi,” pungkasnya.VAN

Baca Juga