Pakai Head to Head Persipal Bisa Juara Grup, Ini Rumusnya

  • Whatsapp
CD7BFFBF-5337-4129-B900-ECB869ABA800-597e61a3
Kefot: Skuad Persipal saat menghadapi Gabsis Sambas. FOTO:ISSRIN ASSAGAF/MS

PALU,MERCUSUAR – PSSI sejak jauh hari sudah menentukan regulasi Liga 3 Nasional yang terkait dengan penentuan dua tim yang lolos dari grup di setiap fasenya, yakni Babak 64 Besar, 32 Besar, 16 Besar hingga terpilih 8 tim promosi Liga 2 tahun 2023. Dalam penentuan klasemen peringkat klub, PSSI mamakai sistim Head to Head dan meninggalkan pola lama yang lazim digunakan.
Maka jangan heran ketika PSSI merilis klasemen grup Liga 3 secara utuh dari grup A sampai grup P, nama Persipal yang secara hasil punya selisih gol lebih baik dari PS Tanbu Putra di grup E berada di peringkat ketiga, dibawah PS Tanbu Putra meski poinnya sama, yakni 3 dari dua kali main. Di posisi pertama ditempati PSGC (poin 6) dan posisi keempat Gabsis Sambas (0).
Nah, jika Persipal mau lanjut ke babak 32 Besar, maka pasti dong harus memukul PSGC Ciamis dilaga terakhir Minggu (13/2/2022) sore ini. Kalau ini terjadi maka Harris Rotinsulu dkk akan mendapat poin 6, sama dengan PSGC. Tapi, nanti dulu. Jumlah gol menjadi sangat menentukan dilaga ini. Persipal tak cukup hanya menang 1 gol saja. Karena di partai lainnya yang digelar besamaan waktunya, PS Tanbu Putra juga punya peluang lolos jika menang atas Gabsis Sambas. Kalau Persipal dan PS Tanbu Putra juga menang maka ketiga tim punya poin sama, yakni 6. Lalu siapa yang lolos? .
Jika Persipal, PS Tanbu Putra dan PSGC sama-sama meraup 6 poin di klasemen akhir, maka semua hasil yang diperoleh ketiga tim melawan Gabsis Sambas tak dihitung. Loh, kok bisa, padahal Persipal menang telak 4-0 lawan Gabsis ya. Karena yang masuk hitungan hanya tim yang mempunyai poin sama . Inilah yang dinamakan Head ton Head, artinya pertemuan di antara tim yang poinnya sama.
Jadi, kalau mau aman Persipal minimal harus menang dengan selisih 2 gol untuk menambah biji gol saat ini yang minus 1 gol karena pernah kalah 0-1 dari PS Tanbu Putra. Pertanyaannya, bagaimana kalau Persipal hanya menang 1-0.
Tentunya pendukung Persipal berharap PS Tanbu Putra tidak menang atau minimal berakhir imbang saja versus Gabsis Sambas . Andai PS Tanbu imbang maka Persipal cukup menang 1-0 saja maka Persipal juara grup dan PSGC runner up. Tapi, jika PS Tanbu Putra menang, Persipal pun wajib menang juga atas PSGC minimal 2-0. Intinya, Persipal tak bisa seri apalagi kalah di partai terakhir ini. CLG
Klasemen Sementara Grup E
PSGC Ciamis 2 2 0 0 (3-1) 6
PS Tanbu Putra 2 1 0 1 (2-2) 3
Persipal Palu 2 1 0 1 (4-1) 3
Gabsis Sambas 2 0 0 2 (0-5) 0

Baca Juga