UIN Datokarama Palu Latih 50 Dosen Muda

  • Whatsapp

LERE, MERCUSUAR – Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan berkolaborasi dengan LPM UIN Datokarama Palu, melatih 50 dosen muda, dalam Pelatihan Dosen Pemula, dengan tema “Peningkatan Kompetensi Dosen dalam Desain Pembelajaran Inovatif”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 8-9 Juli 2023, di Ruang Senat Kantor Rektorat UIN Datokarama Palu.

Kegiatan yang dibuka oleh Rektor UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd ini,  menghadirkan dua pemateri, yakni dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Dr. M. Nur Rokhman, M.Pd dan Prof. Dr. Aman, M.Pd.

Rektor dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini penting dilakukan, karena memberikan pengetahuan dan informasi awal, meskipun secara praktis para dosen yang menjadi peserta, sudah memiliki pengetahuan dan sebagian sudah mempraktikannya.

“Dalam konsep pembelajaran itu perlu selalu dilakukan inovasi, karena seiring dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat, khususnya perkembangan informasi dan teknologi,” kata rektor.

Menurut rektor, ketika pendidikan tidak mampu memberikan sesuatu yang baru pada masyarakat, maka akan timbul satu pemahaman, untuk apa sekolah dan kuliah, kalau yang diperoleh itu ternyata lebih cepat yang ada di lingkungan kehidupan keseharian di masyarakat, dibandingkan dengan diperoleh dari satuan pendidikan. Kata dia, filosofi pendidikan itu adalah sumber pemberi informasi terbaik dan terupdate.

Oleh karena itu kata rektor, dosen-dosen tidak boleh terpaku pada satu sumber saja. Jika dulu sumber utama pembelajaran itu adalah guru atau dosen dan buku, saat ini terjadi pergeseran dengan kemajuan perkembangan teknologi. Apalagi setelah munculnya pandemi Covid-19, terobosan-terobosan dalam pembelajaran itu semakin banyak terutama yang menggunakan pendekatan teknologi.

“Maka kemudian sumber utama pembelajaran itu bukan lagi guru atau dosen, tetapi berpindah kepada media-media termasuk media sosial dan online. Ini bukan terjadi hanya di perguruan tinggi tapi semua jenjang dan strata pendidikan,” jelas rektor. */JEF

Baca Juga