59.576 Surat Suara DPRD Sulteng Ditemukan Rusak di Touna

  • Whatsapp

TOUNA, MERCUSUAR – Anggota Bawaslu Sulteng Ivan Yudharta pantau langsung hasil proses sortir dan lipat Surat Suara Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di kantor KPU Kabupaten Tojo Una-Una.

Dalam agenda monitoring tersebut Ivan mendapatkan banyaknya surat suara yang rusak dan masuk kategori surat suara yang rusak berat.

Diantara jumlah dan jenis surat suara yang rusak, terdapat surat suara DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten yang jumlah kerusakannya sangat besar.

Berdasarkan Berita Acara (BA) yang dikeluarkan oleh KPU Kabupaten Tojo Una-Una dan hasil pengawasan sortir dan lipat surat suara oleh Bawaslu Kabupaten Tojo Una-Una, untuk surat suara DPRD Provinsi terdapat 59.576 surat suara yang rusak, dan ada 1.292 surat suara yang kurang.

Sedangkan untuk surat suara DPRD Kabupaten, Daerah Pemilihan (Dapil) 1, 2, dan 3, total ada 1.498 surat suara yang rusak dan kurang.

Menurut Ivan, KPU Kabupaten harus segera berkoordinasi dengan KPU Provinsi untuk segera dilakukan mekanisme klaim.

“harus cepat dilakukan klaim terhadap surat suara yang rusak ini”. Ucapnya.

“dengan mempertimbangkan sisa waktu yang semakin dekat di hari pemilihan”. Sambung Ivan saat menyampaikan hal tersebut kepada ketua dan koordinator sekretariat KPU Kabupaten Tojo Una-Una.

Baca Juga