PKK Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Ketua PKK Kabupaten Sigi, Hazizah M Irwan, menghimbau, masyarakat agar memanfaatkan lahan pekarangan, mengingat pekarangan apabila ditanami dengan berbagai jenis tanaman dan tumbuhan, serta pemeliharaan ternak, sangat banyak manfaatnya. Kata dia, Rabu (18/4/2018), pemanfaatan pekarangan dapat menghasilkan berbagai bahan pangan yang bergizi tinggi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ternak kecil, unggas dan ikan.

Lanjut Hazizah, kalau pemanfaatan pekarangan diusahakan dengan baik, dapat menjadi sumber pendapatan/tabungan keluarga, karena hasil pekarangan bukan hanya untuk di konsumsi sendiri, tetapi dapat juga dijual.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Wabup Hadiri Ibadah Syukur di Sopu

Kata dia, pekarangan jika ditata dengan baik, maka selain sebagai sumber pendapatan keluarga, dapat menambah keindahan pekarangan dan rumah tangga.

Adapun konsepsi ini disampaikannya, saat mendampingi Ketua PKK Sulteng, Zalzulmida Djanggola beserta rombongan, dalam kegiatan optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep kawasan rumah pangan lestari (KRPL), berbasis sumber daya pangan lokal, Rabu (18/4/2018). Lokasi yang dikunjungi PKK Provinsi Sulteng dan PKK Sigi, merupakan lokasi garapan Kelompok Wanita Tani Sehati, mengingat kelompok ini masuk nominasi juara III tingkat nasional dalam gerakan tanam cabai.

“Kelompok Wanita Tani Sehati Desa Mpanau merupakan binaan PKK Sigi, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulteng dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Sigi,” jelas Hazizah.

Pilihan Redaksi :  Sigi dan Kejati Sulteng Kerjasama GAMJAK 

Kata dia, Kelompok Wanita Tani Sehati Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru, akan dijadikan contoh bagi kelompok wanita tani atau dasawisma lainnya yang ada di Kabupaten Sigi.

Diharapkan, kegiatan ini menjadi motivasi, utamanya kaum perempuan, untuk mewujudkan penghijauan dan pelestarian lingkungan, serta mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan di lahan terbatas.

Ketua PKK Sulteng Zalzulmida Djanggola dalam sambutannya mengatakan, masyarakat Sulawesi Tengah khususnya masyarakat Kabupaten Sigi, agar memanfaatkan pekarangan rumah melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), untuk ditanami dengan berbagai jenis tanaman seperti cabai dan sayur-sayuran.

Pemanfaatan pekarangan kata dia, bukan hanya dilakukan oleh masyarakat yang ada di desa, di daerah perkotaan pun lahan bisa dimanfaatkan dengan menanam berbagai jenis tanaman, sesuai dengan luas lahan dan kebutuhan keluarga. AJI

Baca Juga