Dua Mahasiswa Untad Peserta Program MBKM,Berbagi Pengalaman Magang di DPR RI dan BI 

UNTAD-cd51f73d
FOTO: Dua mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tadulako (Untad), Rabu (24/8/2022), mengunjungi Rektor, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP, yang didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Lukman, M.Hum. FOTO: DOK HUMAS UNTAD

PALU, MERCUSUAR – Dua mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tadulako (Untad), Rabu (24/8/2022), mengunjungi Rektor, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP, yang didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Lukman, M.Hum. Kunjungan ini, dalam rangka melaporkan bahwa mereka telah menyelesaikan aktivitas magangnya, di DPR RI dan di Bank Indonesia Cabang Sulteng dan Balikpapan.

Dalam kesempatan tersebut, Rian Hidayatulah yang merupakan mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan angkatan 2019, menceritakan pengalamannya selama magang pada program MBKM di MPR RI dan Bank Indonesia.

“Pada semester 5, saya mendapat kesempatan magang di DPR RI, sebagai salah satu ketua kelompok dan bekerja untuk membuat penelitian, yang diajukan ke bagian komisi atau badan keahlian. Kami selalu di-rolling di berbagai komisi dan pernah mendapat tugas untuk membuat list, apa saja UU yang telah dirancang dan seperti apa implementasinya di masyarakat,” ujarnya. .

Dirinya mengaku pernah ditempatkan di komisi 1, 2, 6, 9, 10 serta 11, kemudian di badan/pusat penelitian, perancang UUD, dan lain-lain. Selain di DPR RI, dirinya pernah berkesempatan magang di BI Sulteng dan pernah mendapat nominasi dalam kategori mindfulness, karena dianggap penuh inovasi dan ide selama magang, yang dipilih oleh panitia dan para pemagang lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Aditya Dimas Pratama Putra yang jurusannya sama dengan Rian, menuturkan pengalamannya dengan program PejuangMuda dan Bank Indonesia daerah Balikpapan.

“Kalau saya pernah magang di program MBKM terkait PejuangMuda, yang merupakan kerja sama antara Kementerian Sosial dan Kemendikbud, yang berlokasi di seluruh Indonesia di 514 kabupaten/kota, dengan jobdesk membuat project RumahKreatif di Kabupaten Toli-toli. Saya pernah di program MBKM bersama Bank Indonesia area Balikpapan dan kami pernah mendapat riset terkait dampak pembangunan Ibu Kota Baru (IKN) terhadap ekonomi daerah Balikpapan. Kami terlibat juga dalam perjalanan dinas dan FGD, terkait kerja dan tugas Bank Central yang juga menambah pengalaman kami,” ujar Aditya.

Usai sharing pengalaman kedua mahasiswa tersebut, Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP, mengaku turut bangga dan mengapresiasi pengalaman kedua mahasiswaitu. Pihaknya berharap, pengalaman magang tersebut dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk ikut serta.

“Harapannya, pengalaman luar biasa dari kedua mahasiswa kita, penerima program magang MBKM ini, dapat memotivasi mahasiswa Untad lainnya, mengingat kesempatan tersebut merupakan wadah terbaik, untuk mengeksplorasi kemampuan sebagai seorang mahasiswa. Saya turut bangga dan mengapresiasi Sdr. Rian dan Aditya, karena telah berbagi pengalaman, yang harapannya dapat memotivasi mahasiswa lain ke depannya,” ujar rektor. */JEF

Pos terkait