Madrasah dan Rumah Tahfiz, Bukti Cinta pada Alkhairaat

Peletakan batu pertama pembangunan Rumah Tahfiz Alkhairaat di Desa Tatakalai Kecamatan Tinangkung, Kabupaten Bangkep. FOTO: KIRIMAN SOFYAN ARSYAD

BANGGAI KEPULAUAN, MERCUSUAR – Jaraknya sekira 40 kilometer dari Salakan, ibu kota Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep). Butuh waktu 30 menit untuk tiba di Desa Tatakalai Kecamatan Tinangkung Utara. Nama Alkhairaat sangat melekat di hati warga desa ini. Tak terkecuali bagi Kepada Desa, Adrian Lamala.

“Segala urusan menyangkut Alkhairaat , saya siap pasang badan,” kata Adrian Lamala, berulang kali di hadapan warganya.

Pagi itu, Kamis (18/4/2024), ratusan warga Desa Tatakalai hadir di kompleks perguruan Islam Alkhairaraat, dalam rangka mengikuti Halalbihalal yang dirangkaian peletakan batu pertama pembangunan Rumah Tahfiz Alkhairaat.

“Saya sengaja pusatkan acara Halalbihalal tingkat desa di Alkhairaat. Supaya kita terus ingat, bantu dan jaga bersama Alkhairaat,” ujarnya.

Di kompleks perguruan Islam Alkhairaat Tatakalai, saat ini berdiri Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah, termasuk nantinya rumah Tahfiz Alkhairaat. Madrasah Tsanawiyah lebih dulu beroperasi, dengan jumlah siswa lumayan banyak.

Madrasah tersebut tergolong lembaga pendidikan yang menjadi pilihan warga. Semua ini, tak luput dari ‘tangan dingin’ Kepala Madrasah, Ustazah Erna. Sosok yang di Tatakalai dikenal kreatif, inovatif dan energik.

Rumah Tahfiz Alqur’an yang segera dibangun, juga bagian dari inisiatifnya. Lokasi berdekatan dengan gedung Tsanawiyah dan Aliyah Alkhairaat Tatakalai. Tenaga pengajar sudah siap. Satu di antaranya merupakan penghafal 30 Juz Al-Qur’an, Ustazah Halidah.

Menurut Erna, lokasi rumah Tahfiz merupakan wakaf dari keluarga Hatinah Pandipa, bersebelahan dengan rumah tinggal yang diwakafkan oleh keluarga Sujatmiko.

Sebelumnya, Alkhairaat Tatakalai juga menerima wakaf 10 petak sawah dari Bikham Masso, Ketua PHBI dan anggota DPRD Kabupaten Bangkep, yang juga simpatisan Alkhairaat. Tujuh di antara petak sawah wakaf itu telah panen perdana jelang acara Halalbihalal.

Pos terkait