Pemprov Sulteng Segera Bentuk Sekretariat Penanganan COVID-19

  • Whatsapp
HLL-8297c275
FOTO: Pertemuan antara relawan Roa Jaga Roa dengan Wakil Gubernur Sulteng, Ma'mun Amir, Jumat (6/8/2021). FOTO: ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng

PALU, MERCUSUAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) segera membentuk Sekretariat Penanganan dan Pengendalian COVID-19, untuk mengoptimalkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat yang terpapar COVID-19.

“Karena selama ini orang bingung, ke mana harus melapor atau ke mana mau menyelesaikan masalah ini,” ucap Wakil Gubernur Sulteng Ma’mun Amir, saat menerima relawan Roa Jaga Roa, Jumat (6/8/2021).

Berita Terkait

Relawan Roa Jaga Roa atau teman jaga teman, merupakan satu komunitas relawan yang terdiri dari berbagai unsur profesi dan masyarakat. Relawan ini bekerja untuk membantu penanganan warga yang terpapar COVID-19.

Pilihan Redaksi :  Kemenag Tolitoli Laksanakan Pengukuran Kebugaran Jasmani CJH

Relawan Roa Jaga Roa bermarkas di Kota Palu. Sejauh ini telah berkontribusi meringankan bebas masyarakat utamanya warga yang terpapar COVID-19 dan menjalani isolasi mandiri.

Wakil Gubernur Sulteng Ma’mun Amir, mengapresiasi relawan Roa Jaga Roa, yang telah membantu dalam menyosialisasikan penanganan COVID-19 di Sulawesi Tengah.

Kata Ma’mun Amir, agar penanganan COVID-19 utamanya pasien COVID yang menjalani isolasi mandiri terorganisir, maka perlu dibentuk sekretariat penanganan.

“Bapak Gubernur Sulteng sudah menetapkan akan ada sekretariat penanganan COVID-19,” sebut Ma’mun Amir.

Wagub Sulteng, Ma’mun Amir berharap, relawan Roa Jaga Roa tetap eksis dan aktif menyosialisasikan tentang penanganan COVID-19, utamanya berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan.

“Relawan Roa Jaga Roa tetap aktif untuk mensosialisasikan atau memberikan pemahaman ke masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan COVID-19,” ungkapnya.

Pilihan Redaksi :  Sulteng Nihil Penambahan Kasus Covid-19 

Sementara itu salah satu inisiator pembentukan relawan Roa Jaga Roa, M Iqbal mengemukakan, relawan Roa Jaga Roa siap membantu pemerintah dalam hal memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar masyarakat taat prokes.

Selain itu, Iqbal juga menyebut, relawan Roa Jaga Roa akan berusaha mendorong masyarakat yang bergejala COVID-19, agar mau memeriksakan diri ke rumah sakit dan puskesmas.

“Kami memfasilitasi agar bagaimana masyarakat mau ke rumah sakit, bagaimana mau mempercayai vaksin, bagaimana masyarakat tidak sembarang mengkomsumsi obat-obat tanpa akses dari dokter,” ucap Iqbal.

Ia pun menemukan fakta di lapangan masih ada kelompok masyarakat yang terkesan tidak percaya dengan COVID-19. ANT

 

Baca Juga