Pikada Morowali, NasDem dan Gerindra Diprediksi Mendominasi

La Husen Zuada

MOROWALI, MERCUSUAR – Pengamat Politik asal Universitas Tadulako (Untad), La Husen Zuada, S.IP.,M.I.P memberikan penilaian khusus pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Morowali tahun 2024, dua partai politik (parpol) besar masih akan mendominasi persaingan perebutan suara di wilayah nikel tersebut.

“Yang pertama saya melihat Partai NasDem masih akan mendominasi perolehan suara. Itu kita lihat dari perolehan kursi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) baru-baru ini,” jelas La Husen, dosen di Program Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Untad, Selasa (30/4/2024).

Pada Pileg 2024, Partai NasDem memeroleh lima kursi di Morowali. Untuk maju di Pilkada, menurut La Husen, NasDem masih akan menjadi pimpinan koalisi, dan tetap akan menjadi kekuatan politik di Pilkada Morowali.

“Hampir di semua wilayah dapil mereka muncul, walaupun di dalam partai tersebut persaingan internal tetap ada,” ungkapnya.

Parpil kedua yang disebutnya berpeluang mendominasi Pilkada Morowali yakni Partai Gerindra. Pada Pileg 2024 lalu, Gerindra menjadi pemenang suara kedua dengan perolehan empat kursi.

“Partai ini (Gerindra) punya peluang lebih dari Partai Demokrat karena perolehan kursi. Salah satu kelebihan dari Gerindra, Presiden terpilih saat ini dari Partai Gerindra. Itu bisa mengangkat elektabilits partai,” jelasnya.

Di sisi lain, peran figur turut berpeluang di Pilkada Morowali. Namun, menurut dosen yang beberapa penelitiannya mengangkat Morowali tersebut, saat ini persaingan politik di daerah itu terlihat lebih kompetitif dari sebelumnya. Persaingan politik tidak hanya berfokus pada satu wilayah, misalnya Desa Wosu, Kecamatan Bungku Barat.  

“Wosu bagaimanapun masih akan menjadi sentralnya politik. Tapi figur-figur baru muncul di wilayah lain, seperti di Bahodopi,” ujar La Husen.

Di antara figur-figur baru yang muncul disebut memiliki kekuatan finansial yang mumpuni. Sehingga, ia melihat pada Pilkada Morowali ke depan, kekuatan yang cenderung besar ada pada kemampuan pendanaan.

Pos terkait