TPID Sidak Mingguan untuk Pantau Harga

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulteng, yang digelar secara virtual, dari Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Senin (4/3/2024).

Turut hadir pada kesempatan itu, unsur Forkopimda Sulteng, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulteng, Para Bupati dan Wali Kota se-Sulteng, perwakilan perbankan, Pemimpin Wilayah Bulog Sulteng, serta para Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulteng.

Rapat tersebut menghasilkan beberapa rekomendasi bersama, jelang Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1445 H, di antaranya pelaksanaan inspeksi mendadak (sidak) dilakukan secara mingguan, untuk memantau harga dan pasokan komoditas pangan, serta penyaluran BBM dan LPG.

Selain itu, pelaksanaan pasar murah secara mingguan pada Sabtu—Selasa di pasar-pasar tradisional di Palu, Luwuk, Morowali, dan Banggai.

Selanjutnya, optimalisasi APBD untuk mendukung pengendalian inflasi daerah, dan menugaskan BUMD/BUMDes/Badan usaha lainnya, untuk mendatangkan komoditas rentan inflasi yang disubsidi pemerintah daerah atau pembiayaan lainnya.

Terakhir, komunikasi aktif kepada masyarakat melalui tokoh agama, tokoh masyarakat, media massa, media sosial, terkait ketersediaan pasokan pangan, belanja bijak, dan mendorong konsumsi beras SPHP. */IEA

Baca Juga