Wabup Sigi Dorong Penguatan Sistem Rujukan RS

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Yansen Pongi menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), di Rumah Umum Sakit Daerah (RSUD) Torabelo Sigi, Rabu (6/12/2023). 

Samuel mengatakan, Rakor tersebut bertujuan meningkatkan tata kelola adminstrasi dan peningkatan pelayanan di lingkungan RSUD Torabelo Kabupaten Sigi. 

Pada kesempatan itu, ia juga meminta seluruh petugas di RSUD Torabelo, untuk dapat memberikan melayani kepada pasien dengan setulus hati, memerhatikan hak dan kewajiban pasien maupun petugas rumah sakit. 

“Setiap rumah sakit harus mempunyai Standar Operasional (SOP) yang baik dan kuat. Kalau kita sudah mantap di SOP, maka itu akan melindungi tenaga kesehatan (nakes), manajemen dan institusi rumah sakit,” tegas Samuel.

Selain itu, Samuel juga mengingatkan peningkatan kelas rumah sakit harus dilakukan dengan memperkuat sistem rujukan di RSUD.

“Sebisa mungkin kasus tidak dirujuk begitu saja ke rumah sakit provinsi. Kasus-kasus yang bisa ditangani di rumah sakit umum daerah bahkan Puskesmas, sebisa mungkin ditangani di fasilitas kesehatan (faskes) tersebut,” kata Samuel.

Ia juga mengingatkan pentingnya peningkatan kualitas Sumberdaya Manusia (SDM) tenaga kesehatan harus terus diperhatikan. Untuk itu, ungkap Samuel, Pemerintah Kabupaten Sigi akan terus berupaya memberikan bantuan beasiswa bagi para nakes yang akan melanjutkan sekolah. */AJI

Baca Juga