Polres Banggai, Siapkan 421 Personel Amankan 1.211 TPS

  • Whatsapp

BANGGAI, MERCUSUAR – Kasi Humas Polres Banggai, Iptu Al Amin S. Muda mengungkapkan pihaknya menyiapkan sebanyak 421 personel, termasuk 60 anggota BKO Polda Sulteng, untuk mengamankan jalannya pemungutan suara Pemilu 2024 di Kabupaten Banggai

“Personel tersebut ditempatkan di 1.211 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di wilayah hukum Polres Banggai,” kata Al Amin, Sabtu (10/2/2024).

Ia juga mengungkapkan, Polres Banggai menetapkan 3 TPS dengan kategori sangat rawan yakni TPS Desa Baloa Doda dan TPS Desa Dolom Kecamatan Pagimana, serta 1 TPS Lapas kelas II B Luwuk kategori khusus. 

“TPS desa Baloa Doda ditempatkan 4 personel dan TPS Desa Dolom sebanyak 2 personel, untuk TPS khusus di Lapas Luwuk 1 personel,” terangnya. 

TPS kategori sangat rawan, kata dia, karena dinilai memiliki jarak tempuh yang sangat jauh, bisa berhari-hari menempuh perjalanan, serta adanya potensi gangguan bencana alam, serta harus melewati beberapa sungai.

“Selain TPS sangat rawan, wilayah hukum Polres Banggai juga mempunyai 32 TPS kategori rawan, serta selebihnya TPS kategori kurang rawan,” ujarnya.

Untuk mempersiapkan pengamanan Pemilu, sambungnya, Polres Banggai juga telah melaksanakan simulasi guna menghadapi gangguan yang kemungkinan terjadi.

“Simulasi tersebut perlu dilakukan, agar personel kepolisian siap menghadapi kericuhan yang terjadi pada Pemilu 2024, serta menindaknya sesuai peraturan yang berlaku.  Dengan persiapan simulasi yang dilakukan, mudah-mudahan pelaksanaan Pemilu 2024 di daerah ini berjalan aman, damai dan kondusif,” tandasnya. */PAR

Baca Juga