Harga Sembako di Pasar Labuan Stabil

  • Whatsapp
KEPALA Disperindag Donggala Pattakali saat memantau harga sejumlah komoditi di Pasar Labuan, Kecamatan Labuan, Kamis (7/6/2018). FOTO: WAHID AGUS / MS

DONGGALA, MERCUSUAR – Harga sembilan bahan pokok (sembako) seminggu jelang hari raya Idul Fitri 1439 hijriah relatif stabil di Kabupaten Donggala, khususnya yang terpantau di Pasar Labuan, Kecamatan Labuan, amis (7/6/2018).

Berita Terkait

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Kabupaten Donggala Pattakali yang turun memantau harga sembako di Pasar Labuan tidak menemukan adanya indikasi gejolak kenaikan harga. Bahkan beberapa harga sembako mengalami penurunan dibanding beberapa hari sebelumnya.  

“Semua harga di pasar Labuan masih relatif stabil. Tidak ada kenaikan harga dari beberapa hari kemarin. Sangat aman sekali,” ujarnya di Labuan, Kamis (7/6/2018).

Hasil pantauannya, beberapa komoditi kebutuhan masyarakat seperti bawang putih dan bawang merah mengalami penurunan harga dibanding beberapa hari lalu. Bawang merah yang memiliki tiga tingkatan, kecil, sedang dan super dijual dengan harga yang stabil, misalnya untuk bawan merah super Rp20 ribu per kilogram (kg). Demikian bawang putih yang beberapa hari lalu dijual dengan harga Rp32 ribu per kg, justru turun menjadi Rp30 ribu per kg.

Adapun harga terigu Rp6 ribu per kg dan gula Rp12 ribu per kg, yang berarti  masih dibawah harga standar.

Sementara harga ayam potong Rp50 ribu per ekor  dengan berat sekira 1,8 kg dan harga daging sapi masih stabil dikisaran harga Rp110 ribu per kg.

Beberapa hari lalu, Kepala Disperindag juga melakukan sidak ke Pasar Ganti Kecamatan Banawa. Hasil pantauan harga tidak jauh berbeda dengan di Pasar Labuan.

Hanya terdapat beberapa harga komoditi yang sedikit lebih mahal, seperti  bawang putih di pasar Ganti Rp32 ribu per kg sedangkan di Pasar Labuan Rp30 ribu per kg. Demikian harga gula pasir selisih Rp400, lebih lebih mahal di Pasar Ganti.

Sementara harga beras di Pasar Labuan masih sangat stabil Rp10 ribu per kg untuk jenis beras kepala.

Olehnya, tidak diperlukan operasi pasar, karena gejolak harga belum terjadi.

“Semoga harga ini tidak mengalami kenaikan jelang lebaran,” tandasnya.

Sekadar diketahui bahwa aktifitas pasar yang ramai di pasar Labuan ini terjadi pada hari Kamis dan Minggu. Sementara pasar Ganti ramai pembeli pada hari Senin dan Jumat.

Artinya, jika lebaran Idul Fitri 1439 H pada Jumat (15/6/2018) mendatang, maka kedua pasar tersebut, menyisakan dua hari pasar yang ramai. HID

Baca Juga