HUT ke – 77 RI, Ketua Kadin Donggala Sebut Kemiskinan di Donggala Masih Tinggi

  • Whatsapp
KADIN-db26f8c9
 Ketua Kadin Donggala, Rahmad M. Arsyad, menggelar upacara bendera dengan petani, memperigati HUT ke -77 RI di Kabupaten Donggala, Rabu (17/8/2022). FOTO: IST

DONGGALA, MERCUSUAR – Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 77 Republik Indonesia (RI), yang jatuh pada Rabu (17/8/2022), dijadikan momentum Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Donggala, Rahmad M Arsyad untuk menjelaskan kemerdekaan. Dosen di Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta ini berpendapat, kemerdekaan punya satu makna, yakni ‘kebebasan’ yang berarti kebebasan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Untuk mencapai tujuan kemerdekaan sebagaimana yang tertuang dalam pembukaan Undang – undang Dasar (UUD) 1945, yaitu ‘Memajukan Kesejahteraan Umum, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, serta Menjaga Ketertiban Dunia’.

“Pertanyaannya, sudahkah kita mencapai cita – cita kemerdekaan itu?,” tanya Rahmad M Arsyad, saat menggelar upacara bendera bersama petani di Donggala, Rabu (17/8/2022).

Karena menurutnya, sampai saat ini angka kemiskinan nasional masih berada di 9, 71 persen, bahkan di Kabupaten Donggala sendiri, berada di angka 16,73 persen atau hampir dua kali lipat rata-rata nasional.

“Oleh karena itu, jalan perjuangan kemerdekaan sejati masih panjang, yakni mewujudkan kemakmuran rakyat secara luas,” katanya.

Untuk merayakan kemerdekaan tahun ini, tidak salah jika Ketua Kadin Rahmad Arsyad dan beberapa pengurus Kadin Donggala akhirnya merayakan kemerdekaan bersama petani jagung yang ada di Kabupaten Donggala.

Ketika disinggung, mengapa melakukan upacara bendera di kebun, Ia berpendapat, karena para pelaku usaha tani dan perkebunan adalah lapisan masyarakat desa yang paling sering berada di garis kemiskinan.

“Karena itu, sudah menjadi kewajiban kita membebaskan kaum tani dari kemiskinan, lewat upaya mendorong produktivitas pertanian dan perkebunan kita,” tegas Rahmad M. Arsyad. BOB

Baca Juga