FEB Untad Gelar Kuliah Tamu Bersama BPK Provinsi Sulteng

  • Whatsapp
WhatsApp Image 2021-11-30 at 12.17.22-0107400d

PALU, MERCUSUAR – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tadulako (Untad) bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Sulteng, melaksanakan kuliah tamu dengan tema BPK RI mengawal Indonesia Maju, Selasa (30/11/2021), bertempat di Theater Room Untad. Kuliah tamu ini menghadirkan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulteng, Slamet Riyadi, sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Ketua PKKM Ekonomi sekaligus Wakil Bidang Akademik FEB Untad, Dr. Fikry Karim, SE, M.Acc, AK mengatakan, kegiatan kali ini merupakan kegiatan ketujuh dari 13 kuliah tamu, yang direncanakan FEB.

Berita Terkait

“Kuliah tamu kali ini merupakan kegiatan yang ketujuh kalinya dari total 13 kuliah tamu yang kami rencanakan. Narasumber enam kuliah tamu sebelumnya berasal dari peneliti, praktisi, sektor swasta dan pemerintah. Kami menyelenggarakan kuliah tamu, untuk memperoleh pengalaman, mendapatkan ilmu, serta membangun jejaring dengan berbagai mitra di luar kampus, agar PKKM ini dapat berlanjut,” ujar Dr. Fikry.

Pilihan Redaksi :  RPJMD Sulteng 2021-2026 Disosialisasikan

Pada kesempatan yang sama, Dekan FEB Untad, Dr. Muh. Iqbal A, S.E, M.Si, Ak menyampaikan, agar mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan kuliah tamu ini, untuk menambah ilmu pengetahuan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangun semangat belajar para mahasiswa serta memberi dukungan untuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang telah dicanangkan pemerintah. Kami sudah melakukan aktivitas pemagangan, pertukaran pelajar serta kuliah praktisi yang melibatkan banyak pihak untuk mahasiswa,” ujarnya.

Esensi program ini kata dia, adalah untuk memberikan pengalaman dengan variasi yang banyak untuk mahasiswa. Proses pembelajaran kini banyak dan terbuka, sehingga kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk mengedukasi bagaimana tatakelola republik ini, yakni BPK (Badan Pemerikasaan Keuangan) untuk mengawal keuangan negara.

Pilihan Redaksi :  DPRD tak Tahu Jumlah Dana CSR di Palu

“Mahasiswa kami di FEB dengan segala percabangan ilmunya, berpotensi menjadi bagian dari tata kelola negara keuangan negara kita di masa depan. Sehingga narasumber kita akan membagikan ilmunya dan mahasiswa dapat banyak belajar dari hal tersebut,” papar Dr. Iqbal.

Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP, dalam sambutannya, mengapresiasi FEB, yang telah menyelenggarakan kuliah tamu ini.

“Saya menyampaikan apresiasi besar kepada Dekan FEB beserta seluruh jajarannya, karena telah melaksanakan acara ini, serta dapat mengundang langsung Kepala perwakilan BPK Provinsi Sulteng. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada narasumber kita, yang telah menyediakan waktunya untuk dapat berbagi ilmu pada pagi ini. Selain itu, Prodi Akuntansi bagi saya adalah salah satu prodi yang baik di Untad dan telah membuktikan performa untuk berkompetisi, dengan akreditas A yang telah didapatkan saat ini,” jelas Prof. Mahfudz.

Pilihan Redaksi :  SMA/SMK Sulteng Dilarang PTM 100 Persen

Dalam pemaparannya, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulteng menjelaskan tentang aktivitas, unsur,  keuangan serta prinsip-prinsip pemeriksaan keuangan BPK serta dilanjutkan dengan Tanya jawab antar pemateri dan peserta. */JEF

Baca Juga