Festival Kebangsaan, Wawali Berharap Tidak Hanya Berlangsung Tahun Ini 

  • Whatsapp
Pancasila-eebdcc3c
PENYERAHAN - Wakil Wali (Wawali) Kota Palu,dr. Reny A. Lamadjido, saat menyerahkan cendera mata pada pembukaan Festival Kebangsaan di Taman GOR Palu, Senin (8/8/2022). foto: Humas Pemkot Palu

BESUSU TENGAH, MERCUSUAR – Wakil Wali (Wawali) Kota Palu,dr. Reny A. Lamadjido menyampaikan bahwa Festival Kebangsaan merupakan tindak lanjut dari MoU antara BPIP RI dengan Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE.

“Saya berharap pelaksanaan Festival Kebangsaan tidak hanya berlangsung tahun ini. Kami akan terus mendukung Badan Kesbangpol Kota Palu untuk melaksanakan kegiatan seperti ini,”imbuhnya.

Berita Terkait

Menurutnya Indonesia yang multikultur membutuhkan konsepsi atau cita yang mampu merangkul keberagaman bangsa dari Sabang sampai Merauke. “Oleh karena itu, Pancasila merupakan pemersatu bangsa yang ada di Indonesia ini,” katanya.

Pilihan Redaksi :  Wali Kota Serahkan Hibah Rumah Ibadah 

Namun demikian, lanjutnya kondisi bangsa hingga saat ini masih jauh dari harapan cita ideal tersebut dalam mengaktualisasi nilai-nilai pancasila sebagai dasar dan falsafah atau pandangan hidup.

Kondisi tersebut semakin dilematis karena deraan globalisasi terhadap berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila sebagai dasar negara adalah final sejak menjadi kesepakatan bersama oleh pendiri bangsa sebagai dasar Indonesia merdeka,” katanya.

Ia menyatakan kini saatnya perbincangan kajian ataupun kegiatan-kegiatan tentang pengamalan Pancasila tidak hanya sebatas pada tingkat wacana atau diskursif pemikiran namun mengembalikan makna Pancasila untuk dilakukan.

Baca Juga