FK UNISA Terjunkan Tim Medis ke Lombok

  • Whatsapp
UNISA

LERE, MERCUSUAR – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Alkhairaat (UNISA) melalui Tim Bantuan Medis Arteria, menurunkan tim medis yang akan melaksanakan tugas kemanusiaan di Lombok. Tim ini menjadi relawan kemanusiaan untuk membantu korban bencana nasional gempa bumi di Lombok, yang terjadi pada Minggu (5/8/2018) lalu. 

Tim bantuan medis yang akan berangkat menuju Lombok pada hari ini, Kamis (9/8/2018) tersebut, dilepas oleh para Wakil Rektor, Koordinator Program Studi Profesi Dokter, sejumlah dosen, serta mahasiswa FK Unisa Palu, pada momen pelepasan yang digelar di Aula FK UNISA, Rabu (8/8/2018).

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  FISIP Unismuh Palu Luncurkan Sabtu CERIA

Koordinator Program Studi (Prodi) Profesi Dokter FK UNISA, dr Ruslan, dalam sambutannya menjelaskan, Tim Bantuan Medis Arteria FK UNISA yang akan diterjunkan ke Lombok ini beranggotakan 10 orang tenaga medis, yang dipimpin oleh  dr Muh Ikhlas. Keberangkatan mereka kata dr Ruslan, dibiayai oleh pembiayaan pribadi masing-masing, dana POMD (Persatuan Orangtua, Mahasiswa dan Dosen), serta anggaran dari fakultas.

dr Ruslan juga berpesan kepada tim yang berangkat, agar mengedepankan semangat kemanusiaan dalam membantu korban bencana alam di sana. Dirinya pun mengapresiasi semangat tim ini yang antusias untuk melaksanakn tugas kemanusiaan ini.

Sementara itu, Warek II UNISA, Dr Moh Yasin, dalam momen pelepasan tersebut, menyebut aksi spontan tim medis FK UNISA ini, bersumber dari naluri kemanusiaan yang terpanggil melihat saudara sebangsa setanah air yang tertimpa musibah. Dirinya pun menyebut, apa yang dilakuka oleh tim medis FK UNISA ini, sebagai suatu kebanggaan bagi almamater.

Pilihan Redaksi :  Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Ratusan Penyandang Disabilitas Meriahkan Jalan Santai

“Kita tidak perlu menunggu pujian, dengan hal ini kita buktikan, UNISA juga mampu membanggakan daerah ini. Jaga kekompakan, buktikan kalau kalian bisa,” ujarnya sambil menitikkan air mata karena terharu.

Dirinya juga menyebut, apa yang dilakukan oleh tim medis FK UNISA ini, sebagai langka awal untuk menginisiasi pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana di kampus tersebut. Dr Moh Yasin yakin, sudah saatnya Unisa memiliki satgas tersebut, untuk menanggulangi misi-misi kemanusiaan seperti ini.

Warek I UNISA, Dr Akshan Mardjudo, yang juga hadir dalam pelepasan tersebut menjelaskan, apa yang dilakukan oleh tim medis FK UNISA ini, sudah sesuai dengan visi misi FK UNISA. Dirinya juga meminta kepada tim, agar selama melaksanakan tugas kemanusiannay di sana, tetap mengedepankan ciri khas FK UNISA, yaitu tetap mengedepankan religiusitas dalam berbuat.

Pilihan Redaksi :  Mulai Hari ini, Pembelian BBM Wajib Pakai Kupon

“Tugas ini akan menjadi ladang perjuangan dan amal bagi kalian. Keberangkatan kalian ini, jika diibaratkan, sama dengan pergi berjihad,” pesannya.

Tim medis FK UNISA yang diterjunkan ke Lombok ini, selain melaksanakan misi kemanusiaan, juga membawa sumbangan dari civitas akademika FK UNISA. JEF        

Baca Juga