Rektor Ajak Aktualisasikan Nilai-Nilai Pancasila

  • Whatsapp
PANCASILA – Rektor Untad, Prof Dr Ir Muh Basir, SE, MS, saat membacakan sambutan tertulis Presiden RI, Joko widodo, pada upacara peringatan hari lahir Pancasila, yang dilaksanakan di halaman depan gedung Rektorat Untad, Jumat (1/6/2018). FOTO: DOK AKHMAD USMAR

PALU, MERCUSUAR – Rektor Universitas Tadulako (Untad), Prof Dr Ir Muh Basir, SE, MS, menekankan agar peringatan hari lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, agar dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pengacu, dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Dirinya juga mengajak untuk terus mengamalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

Demikian dikatakan Prof Basir, saat membacakan sambutan tertulis Presiden RI, Joko widodo, pada upacara peringatan hari lahir Pancasila, yang dilaksanakan di halaman depan gedung Rektorat Untad, Jumat (1/6/2018). Kata dia, Pancasila adalah berkah yang indah, yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

Pilihan Redaksi :  Pj Sekdaprov Buka Sidang Tim PIPA

Berita Terkait

“Pancasila berperan sebagai falsafah dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” ujarnya.

Lanjut Prof Basir, melalui momen peringaan hari lahir Pancasila, saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbhineka tunggal ika, dalam bertoleransi, serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan. Menurutnya, momen ini juga menjadi saat untuk berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila, untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Pilihan Redaksi :  Warga Pantoloan Diminta Menggarap Lahan Tidur

“Saya mengajak kepada kita semua untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita,” pesannya.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila di lingkup Untad ini dihadiri oleh segenap civitas akademika Untad. JEF

 

Baca Juga