SHARP Luncurkan Safety Campaign Program

  • Whatsapp

JAKARTA, MERCUSUAR– Kecelakaan lalu lintas di kalangan remaja di Indonesia kian meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data yang dipaparkan World Bank, remaja berusia 16–20 tahun menjadi salah satu penyumbang kecelakaan terbesar, dengan total perkiraan 28 ribu orang meninggal dunia atau sekitar 72 orang per harinya.

Melihat kondisi tersebut, PT Sharp Electronics Indonesia tergerak untuk menginisiasi program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan tajuk SHARP Safety Campaign. Ini adalah  sebuah kampanye terbaru dari SHARP yang berupa penyuluhan yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran siswa akan keselamatan berkendara dengan diikuti tata cara berkendara yang baik melalui pemberian materi dan pembagian helm.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Rapat Paripurna DPRD Kota Palu, Sejumlah Farksi Dukung Raperda Pemberantasan Narkoba

Guna menguatkan materi yang dibawakan, Sharp Indonesia turut bersinergi dengan Kepolisian RI bagian Sub Direktorat Pendidikan dan Rekayasa Polda Metro Jaya sebagai fasilitator dalam program ini.

SHARP Safety Campaign diselenggarakan pertama kali dengan mengunjungi SMAN 45 Jakarta yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara. Kurang lebih 300 siswa dan siswi kelas X-XI SMAN 45 Jakarta menjadi partisipan utama program penyuluhan ini untuk mengikuti materi seputar aturan berkendara dan lalu lintas.

“SMAN 45 Jakarta berada dalam wilayah ring 1 kantor Sales and Marketing Sharp Indonesia, yaitu wilayah Kelapa Gading. Dalam setiap program yang kami jalankan, kami selalu mendahulukan untuk menjangkau wilayah sekitar kantor kami. Maraknya kecelakaan yang menimpa anak  sekolah menjadi latar belakang program ini, kami berusaha untuk menanamkan kesadaran berkendara yang baik dan benar, walaupun di usia siswa sekolah ini belum dibenarkan untuk membawa kendaraan di jalan raya, tapi kami ingin memberikan pengetahuan dasar sebagai bekal mereka di masa yang akan datang. Kami pun berharap mereka dapat menularkan pengetahuan yang didapat kepada teman, kerabat akan tata cara berkendara yang baik dan benar, hingga kecelakaan lalu lintas dapat dihindarkan,” jelas Agus Soewadjie, Sales Specialist Assistant General Manager PT Sharp Electronics Indonesia.

Pilihan Redaksi :  SD Inpres 8 Mamboro , Pelaksanaan PTM Berjalan Lancar

SHARP Safety Campaign juga disambut hangat oleh Komisaris Polisi Herman Ruswandi, S.H dari Sub Direktorat Pendidikan dan Rekayasa Ditlantas Polda Metro Jaya. “Karena ditujukan untuk siswa SMA, kami mencoba membuat contoh-contoh yang bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari, jadi sangat mengena dan harapannya dapat mempengaruhi pemikiran serta sikap siswa,” jelas Herman.

Seluruh siswa dan siswi juga didorong untuk terlibat aktif dalam sesi tanya jawab. Setiap pernyataan yang dilontarkan dengan penuh antusias juga mendapat jawaban langsung dari pihak kepolisian. Dengan demikian, siswa bisa mendapat pemahaman yang lebih menyeluruh.

Dalam SHARP Safety Campaign, Sharp juga menggaungkan pentingnya penggunaan helm melalui tagar #PakeHelmBiarKeren yang juga disebarluaskan melalui sosial media Sharp Indonesia. Tagar ini juga dibuat untuk menggerakkan siswa bisa turut membagikan pesan ini ke teman sebayanya.

Pilihan Redaksi :  Pj Sekdaprov Buka Sidang Tim PIPA

Selain kepolisian, inisiasi program SHARP Safety Campaign juga didukung penuh oleh pihak sekolah. Dalam kesempatan yang sama, Zulhamshah, S.Pd, M.Si selaku Kepala Sekolah SMAN 45 juga turut menyampaikan sambutan.

Sebagai penutup, Sharp Indonesia membagikan 300 helm kepada siswa SMAN 45 Jakarta. Harapannya helm yang dibagikan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh siswa ketika berkendara dan menjadi contoh bagi lingkungan sekitarnya. RES/*

 

 

Baca Juga