SHARP Luncurkan Safety Campaign Program

JAKARTA, MERCUSUAR– Kecelakaan lalu lintas di kalangan remaja di Indonesia kian meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data yang dipaparkan World Bank, remaja berusia 16–20 tahun menjadi salah satu penyumbang kecelakaan terbesar, dengan total perkiraan 28 ribu orang meninggal dunia atau sekitar 72 orang per harinya.

Melihat kondisi tersebut, PT Sharp Electronics Indonesia tergerak untuk menginisiasi program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan tajuk SHARP Safety Campaign. Ini adalah sebuah kampanye terbaru dari SHARP yang berupa penyuluhan yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran siswa akan keselamatan berkendara dengan diikuti tata cara berkendara yang baik melalui pemberian materi dan pembagian helm.

Guna menguatkan materi yang dibawakan, Sharp Indonesia turut bersinergi dengan Kepolisian RI bagian Sub Direktorat Pendidikan dan Rekayasa Polda Metro Jaya sebagai fasilitator dalam program ini.

SHARP Safety Campaign diselenggarakan pertama kali dengan mengunjungi SMAN 45 Jakarta yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara. Kurang lebih 300 siswa dan siswi kelas X-XI SMAN 45 Jakarta menjadi partisipan utama program penyuluhan ini untuk mengikuti materi seputar aturan berkendara dan lalu lintas.

“SMAN 45 Jakarta berada dalam wilayah ring 1 kantor Sales and Marketing Sharp Indonesia, yaitu wilayah Kelapa Gading. Dalam setiap program yang kami jalankan, kami selalu mendahulukan untuk menjangkau wilayah sekitar kantor kami. Maraknya kecelakaan yang menimpa anak sekolah menjadi latar belakang program ini, kami berusaha untuk menanamkan kesadaran berkendara yang baik dan benar, walaupun di usia siswa sekolah ini belum dibenarkan untuk membawa kendaraan di jalan raya, tapi kami ingin memberikan pengetahuan dasar sebagai bekal mereka di masa yang akan datang. Kami pun berharap mereka dapat menularkan pengetahuan yang didapat kepada teman, kerabat akan tata cara berkendara yang baik dan benar, hingga kecelakaan lalu lintas dapat dihindarkan,” jelas Agus Soewadjie, Sales Specialist Assistant General Manager PT Sharp Electronics Indonesia.

SHARP Safety Campaign juga disambut hangat oleh Komisaris Polisi Herman Ruswandi, S.H dari Sub Direktorat Pendidikan dan Rekayasa Ditlantas Polda Metro Jaya. “Karena ditujukan untuk siswa SMA, kami mencoba membuat contoh-contoh yang bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari, jadi sangat mengena dan harapannya dapat mempengaruhi pemikiran serta sikap siswa,” jelas Herman.

Seluruh siswa dan siswi juga didorong untuk terlibat aktif dalam sesi tanya jawab. Setiap pernyataan yang dilontarkan dengan penuh antusias juga mendapat jawaban langsung dari pihak kepolisian. Dengan demikian, siswa bisa mendapat pemahaman yang lebih menyeluruh.

Dalam SHARP Safety Campaign, Sharp juga menggaungkan pentingnya penggunaan helm melalui tagar #PakeHelmBiarKeren yang juga disebarluaskan melalui sosial media Sharp Indonesia. Tagar ini juga dibuat untuk menggerakkan siswa bisa turut membagikan pesan ini ke teman sebayanya.

Pos terkait