Siswa dan Guru Terima Materi Wawasan Kebangsaan

  • Whatsapp
BERIKAN MATERI - Pasiterem 132/Tdl Mayor Infantri Uci, saat memberikan materi tentang wawasan kebangsaan, kepada siswa SMK Yadika Palu, yang dilaksanakan di aula sekolah tersebut, Selasa (13/2/2018). FOTO: DOK Kapenrem 132 Tadulako.

TALISE, MERCUSUAR – Sebanyak 250 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yadika Palu mendapatkan materi wawasan kebangsaan, yang dibawakan oleh Danrem 132/Tdl yang diwakili Pasiterem 132/Tdl, Mayor Infantri Uci. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula SMK Yadika Palu, Selasa (3/6/2018).

Berita Terkait

 

Selain siswa, dalam kegiatan tersebut, sejumlah guru juga turut serta dalam menerima materi yang disampaikan Pasiterem 132/Tdl Myr Inf Uci. Dalam materi yang disampaikannya, meliputi meliputi pilar kebangsaan, di antaranya Pancasila sebagai konsensus dasar negara UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

 

“Pancasila merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat. Sedangkan esensi nilai-nilai Pancasila adalah nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan,” kata Mayor Inf Uci di hadapan para siswa dan guru.

 

Dikatakannya, keragaman dalam satu kesatuan NKRI, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang terdiri dari suku bangsa, ras dan bahasa serta budaya penduduk yang mendiami pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

“Keragaman harus menjadi kekuatan untuk bisa mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam bingkai NKRI,” jelasnya.

 

Ia menambahkan, bangsa Indonesia lahir dari keberagaman, berbagai etnis, menjadi satu dalam satu lingkungan berbagai penganut Agama, saling berkomunikasi satu sama lain dan hidup rukun antar umat beragama.

 

Selain itu, jelas Mayor Infantri Uci, dalam semboyan bangsa Indonesia sudah sangat jelas, yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang mengandung arti berbeda-beda namun tetap satu. Ia juga, menyampaikan kepada siswa SMK Yadika Palu akan bahaya narkoba yang dapat mengakibatkan hancurnya masa depan generasi muda. AND/*

 

Pilihan Redaksi :  Penghuni Huntap Tondo Terima Bantuan Sembako

Baca Juga