Unismuh Palu Gandeng Taiwan, Kembangkan Pendidikan dan Riset

  • Whatsapp
Penandatanganan MOU - Rektor Unismuh Palu, Dr Rajindra, bersama sejumlah rektor memperlihatkan berkas MoU bersama tim dari Taiwan yang telah mereka tandatangani. FOTO: DOK UNISMUH PALU.

TALISE, MERCUSUAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu terus melakukan berbagai kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di luar negeri, dalam rangka meningkatkan kualitas kampus swasta tersebut. Setelah sebelumnya membangun kerjasama dengan perguruan tinggi di Cina, Korea, dan Malaysia, kini giliran Taiwan yang disasar.

Berita Terkait

Rektor Unismuh Palu, Dr Rajindra SE MM mengatakan, pada 25-26 Juni 2018 kemarin, pihaknya bertolak ke Medan untuk melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan lima perguruan tinggi dari Taiwan. “Kerjasama itu di bidang penelitian dan riset, pendidikan dan studi lanjut baik S2 maupun S3,” jelasnya saat ditemui di Unismuh Palu, Selasa (3/7/2018).

Kata dia, untuk studi lanjutan itu, dikhususkan di bidang kesehatan, manajemen, kependidikan, dan teknik. Selain Unismuh Palu, sejumlah universitas lain juga terlibat dalam MoU tersebut, salah satu di antaranya adalah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan beberapa universitas lainnya. “Makanya pertemuan itu dipusatkan di kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,” jelasnya.

Dalam proses penandatangan MoU itu, turut dihadiri Ketua Majelis Diktilitbang Muhammadiyah, Prof Dr Lincoln Arsyad dan sejumlah rektor. Adapun lima perguruan tinggi asal Taiwan itu adalah Nastional Taipei University of Nursing and Health Sciences, Universty of Kang Ning, Cardinal Tien College of Healthcare & Management, Fooyin University, dan Chung Hwa University of Medical Technology.

Menurut Rektor, kerjasama itu sangatlah penting mengingat perlunya peningkatan kinerja dan mutu Unismuh Palu di masa mendatang, termasuk peningkatan dosen, program studi, unit, dan lembaga, serta alumni Unismuh Palu. “Menjalin hubungan dengan pihak luar, baik di dalam negeri maupun luar negeri, harus berdasarkan prinsip kesetaraan, saling menghormati, dan saling menguntungkan,” jelasnya.

Rektor berharap, dengan kerjasama perguruan tinggi asal Taiwan itu, akan menjadi penghubung antar unit yang terkait dengan program kerjasama, yang terselenggara serta peningkatan jejaring, tentu kegiatan yang berkaitan dengan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta bidang-bidang lainnya. “Termasuk seminar magang atau kuliah praktik bagi mahasiswa, serta penerbitan karya ilmiah, unit bisnis dan kesehatan, yang tentunya bermanfaat bagi masa depan Unismuh palu,” pungkasnya. UTM

 

Pilihan Redaksi :  Tingkatkan Pelayanan, Jasa Raharja Sulteng Gandeng 34 RS

Baca Juga