SMA Muhipa Wakili Sulteng SMN Nasional

  • Whatsapp
muhipa

PALU, MERCUSUAR – Fathia Suci Oktafiani, siswa kelas XI IPA Sekolah Menengah Pertama (SMA) Muhammadiyah 1 Palu, terpilih untuk mewakili Sulawesi Tengah pada program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), yang akan dilaksanakan di Bangka Belitung.

SMN adalah program yang dilaksanakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), bekerjasama dengan PT Wijaya Karya serta Air NAff Indonesia. Program ini memberkan kesempatan kepada siswa dari seluruh penjuru Indonesia, untuk memperkenalkkan budaya daerah mereka masing-masing.

Berita Terkait

Fathia mengatakan, sebelum dirinya didaulat untuk mewakili Sulteng pada ajang tersebut, terlebih dahulu dirinya bersama sejumlah siswa yang berasal dari SMA dan sederajat di Kota Palu, mengikuti seleksi bersama. Seleksi tersebut meliputi tes akademik, wawancara dan psikotes.

Pilihan Redaksi :  Polisi Ringkus Belasan Warga Tavanjuka Terlibat Narkoba 

“Pelaksanaan seleksi berlangsung sangat dadakan, tetapi alhamdulilah dengan persiapan yang kurang, saya bersama salah seorang siswa dari SMKN 7 Palu, terpilih untuk mewakili Sulteng pada program tersebut,”kata dia, Rabu (2/7/2018).

Sesuai jadwal, dirinya akan mengikuti karantina pada tanggal 7 Agustus 2018. Saat dikarantina, mereka akan diberi bekal mengenai materi-materi apa saja nantinya akan dipaparkan saat mengikuti kegiatan. Setelah dikarantina, mereka akan diberangkatkan pada tanggal 9 Agustus mendatang untuk bertemu dengan Menteri BUMN, setelah itu baru dilepas secara bersama dengan peserta lain menuju Bangka Belitung.

Dia menuturkan, salah satu syarat yang harus dimiliki untuk mengikuti program ini, adalah menguasai budaya daerah masing-masing. Sebab, di sana nantinya, para peserta akan diberikan kesempatan untuk memperkenalkan budaya dari daerah masing-masing. Untuk itu, kata dia, sebagai peserta yang berasal dari Kota Palu dan Sulawesi Tengah, dirinya mengaku telah menguasai pengetahuan terkait kebudayaan setempat, pariwisatanya, serta kulinernya.

Pilihan Redaksi :  Jumlah Perkara Tipikor 2021 Naik

Dia berharap, program ini bisa terus belanjut, sehingga keinginan para siswa untuk mempelajari budayanya semakin tinggi. Selain itu, melalui kegiatan ini, dirinya juga ingin membuktikan bahwa SMA Muhammadiyah 1 Palu juga bisa bersaing dengan sekolah-sekolah lain.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswan SMA Muhammadiyah 1 Palu, Dra Nur’ain, mengatakan, dirinya tidak menyangka, salah seorang siswanya dapat terpilih untuk mewakili daerah ke tingkat nasional, untuk mempromosikan budaya lokal.

“Semoga Fathia dapat membawa nama baik sekolah dan Sulteng, serta apa yang dia sampaikan di sana, dapat menarik pengunjung untuk datang berkunjung di Kota Palu. Sehingga, melalui program ini dapat mendukung terwujudnya program Pemerintah Kota Palu, menjadikan Kota Palu sebagai destinasi wisata,” harapnya. UTM

Baca Juga