Tingkatkan Pembangunan, Pemkab Parmout Minta Dukungan Pemprov

  • Whatsapp
HLL-b64cb25c

PALU, MERCUSUAR – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura, menerima kunjungan Wakil Bupati Parigi Moutong (Parmout), Badrun Nggai dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) teknis, di ruang kerja Gubernur, Senin (29/11/2021).

Dalam pertemuan itu, Wabup Parmout menyampaikan harapan, kiranya gubernur dapat memberikan dukungan, untuk meningkatkan pembangunan di Kabupaten Parmout, di sektor pertanian, perkebunan, infrastruktur, dalam akselerasi pembangunan sesuai visi dan misi Gubernur Sulteng.

Berita Terkait

Ia juga meminta dukungan untuk meningkatkan sebaran vaksin untuk masyarakat Parmout.

Pilihan Redaksi :  Wim Al-Amri Resmi Jadi Ketua DPC Demokrat Kota Palu

Sementara, gubernur menjelaskan, pembangunan yang akan dilaksanakan, berkolaborasi dengan kabupaten dan kota, dan untuk pembangunan Kabupaten Parmout, akan dimaksimalkan dengan melihat potensi tambang, agar dikelola dengan baik dan memberikan manfaat untuk pembangunan daerah.

Dalam pengembangan potensi tambak udang, gubernur juga menekankan agar Bumdes dapat dilibatkan untuk mengelola tambak udang, sebagai anak angkat perusahaan.

Ke depan lanjut dia, harus dibangun  pabrik es sesuai kebutuhan, untuk mendukung potensi perikanan yang ada. Selain itu, peningkatan sektor perkebunan guna memaksimalkan produksi kakao, tanaman durian dan potensi pertanian, seperti pengembangan dan peningkatan padi.

Gubernur menyampaikan, Kabupaten Parmout, salah satu kabupaten yang memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang sangat tinggi, dengan potensi tambang emas.

Pilihan Redaksi :  Menjelang Idul Adha,  Pedagang Tidak Jual Sapi dari Luar Sulawesi

“Selain itu, ada tujuh blok tambang minyak yang sementara persiapan eksplorasi,” ungkap gubernur.

Ia mengemukakan, pemerintah daerah dapat membentuk perusahaan daerah yang ikut dalam mengelola potensi daerah, dengan harapan dapat mendukung peningkatan pendapat daerah atau peningkatan fiskal daerah, seperti Perusahaan Daerah (Perusda) Provinsi. Di mana tahun 2022 diberikan target untuk menyetor laba sebesar Rp182 miliar.

Dia juga meminta kepala daerah melakukan inovasi dan kreativitas, untuk mempercepat pembangunan daerah dengan kondisi fiskal yang kurang memadai.

“Maka perlu inovasi dan kreatifitas untuk meningkatkan fiskal daerah. Lalau perlu dilakukan melalui skema pinjaman,” katanya.

Gubernur menjelaskan, untuk meningkatkan sebaran vaksin dalam rangka penanggulangan COVID -19, maka ia mengharapkan agar kepala daerah bekerja sama dengan Forkopimda untuk berkolaborasi, dalam mempercepat sebaran vaksin.

Pilihan Redaksi :  Syarat Bantuan Ternak,  Kelurahan Diminta Siapkan Kandang Komunal

“Mobil vaksin provinsi akan ditempatkan di Kabupaten Parigi Moutong, untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat,” ujar gubernur. BOB

Baca Juga