Tiga Etape Sudah Layak

  • Whatsapp
JALAN

PARMOUT, MERCUSUAR – Hari ketiga pelaksanaan survei jalur Tour de Central Celebest (TdCC) 2018 terus berlanjut pada Minggu (5/8/2018). Survei yang dilaksanakan tim teknis Provinsi Sulteng dan PB ISSI di jalur etape III yang dijadwalkan star dari Air Terjun Saluopa, Kabupaten Poso dan finis di depan kantor Bupati Parigi Moutong  (Parmout).

Kepala Sekertariat TdCC, Muksin Pakaya, menyampaikan bahwa pelaksanaan survei dari hari pertama sampai dengan hari ketiga selalu berjalan dengan baik hal ini tak llepas dari dukungan masing-masing pemkab dan masyarakatnya yang wilayahnya dilalui pembalap TdCC.

“Seperti pelaksanaan survei etape III ini Pemerintah Kabupaten Poso selalu mendampingi tim survei dan terus menyampaikan pernyataan dukungan penuh terhadap pelaksanaan TdCC,” katanya.

Hal ini ujar Muksin, merupakan kesyukuran bersama sehingga memberikan keyakinan bahwa pelaksanaan TdCC 2018 yang akan datang bisa sukses sesuai dengan harapan. Hajatan ini juga dapat meningkatkan infrastruktur jalan di daerah ini, promosi destinasi obyek wisata, dan juga memberikan pesan kepada dunia bahwa Sulteng aman yang memiliki potensi yang sangat menjanjikan bagi publik.

Sementara perwakilan PB ISSI dan Technical Delegate, Thomas Safeei, mengemukakan etape I Teluk Lalong Banggai-Bunta sepanjang 1. 332 kilometer telah disurvei terpantau baik. Etape II  Pasir Putih – Poso sepanjang 1.655 km, dan etafe III Air Terjun Saluopa-Parigi sepanjang 2.041 km yang sudah di survei sangat ideal untuk race balap sepeda, di mana setiap etape memiliki krakteristik tersendiri, seperti etape II merupakan jalur yang memberikan daya tarik yang sangat menantang.

“Demikian juga  etape III memberikan daya tarik tersendiri dengan jarak tempuh 2.041 kilometer,” ujarnya.

Thomas Safeei, menyebutkan bahwa seluruh etape TdCC menyuguhkan daya tarik kepada pembalap, bukan hanya spotnya, tetapi juga bagaimana bisa melihat destinasi – destinasi ke prariwisataan di Sulteng.

“Dan yang membanggakan bahwa TdCC sudah terdaftar pada UCI sehingga telah memberikan poin kepada pembalap yang mengikuti TdCC,” ujar Thomas.

Rice Direktor TdCC, Dr. Hasan menuturkan bahwa perjalanan etape III star dari Air Terjun Saluopa dengan jarak tempuh 2.041 km yang melewati Tentena dan masuk wilayah Kota Poso finish di depan kantor Bupati Parigi Moutong. Sesuai hasil survei dari sisi teknis jalan, pada prinsipnya sudah sangat  bagus walaupun ada dua jembatan yang masih di rehab.

“Tesuai pernyataan  pihak Balai Jalan Nasional bahwa rehab jembatan tersebut dapat diselesaikan sebelum bulan Oktober pelaksanaan TdCC Tahun 2018,” katanya.

Prinsipnya tambah dia, rute yang telah disurvei mulai dari etapi I sampai etape III terpantau sudah layak untuk dilalui pembalap. BOB

 

Baca Juga