DDI Diyakini Mampu Hadapi Tantangan Pendidikan Dakwah

  • Whatsapp
DDI-2e933526

PALU, MERCUSUAR – Seluruh jajaran pengurus Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) diyakini mampu menghadapi tantangan keumatan, khususnya pada bidang pendidikan dakwah dan sosial keagamaan, di tengah perkembangan zaman yang semakin maju.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng, H. Makmur M. Arief, saat memberikan sambutan pada pengukuhan dan pelantikan Pengurus Wilayah DDI Sulteng, Ummahat DDI Sulteng, dan Ummahat DDI Kota Palu masa bakti 2022-2027, di salah satu hotel di Palu, Kamis (28/7/2022).

Menurut Makmur, seiring dengan perkembangan zaman, tantangan yang akan dihadapi ke tidak mudah. Dirinya yakin, seluruh pengurus DDI yang dilantik akan mampu menemukan cara dan strategi baru dalam menghadapi segala perubahan dunia yang sangat cepat saat ini.

“Hadirnya DDI sebagai salah satu dari sekian organisasi masyarakat (ormas) di tengah masyarakat, tentu memiliki peran yang penting terlebih pada bidang pendidikan dakwah dan sosial keagamaan,” kata Makmur.

Ia menambahkan, ada 2 hal inti yang terkandung dalam visi dan misi Kemenag secara terpusat hingga ke daerah, yaitu bidang pendidikan dan kedua bidang keagamaan. Hingga saat ini, ditegaskannya, kegiatan yang dilakukan oleh DDI telah memberikan kontribusi dalam mewujudkan kedua hal inti dari visi dan misi Kemenag tersebut.

“Setelah pelantikan usai, hendaknya hal ini dapat semakin diperkuat. Bangunlah konsolidasi organisasi dan hubungan yang erat antarseluruh pengurus, mulai dari wilayah hingga yang ada di tingkat terkecil, agar pertumbuhan DDI dapat terus dipupuk sampai kapan pun,” tutur Makmur.

Selanjutnya, kata Makmur lagi, yang perlu dilakukan yaitu senantiasa menciptakan koordinasi baik dalam internal organisasi maupun eksternal organisasi. Ia menegaskan, komunikasi menjadi kunci, mulai dari antarindividu hingga antarorganisasi, komunikasi harus dijaga dan tidak boleh terputus.

“Komunikasi yang baik akan membuahkan sinergi. Kemenag tidak bisa berdiri sendiri, dibutuhkan dukungan dari ormas seperti DDI. Mari senantiasa bersinergi dalam melakukan pelayanan umat,” pungkas Makmur. */IEA

Baca Juga