SMAN 1 Palu, Latih Jiwa Kewirausahaan Siswa Melalui Market Day

  • Whatsapp

BESUSU TENGAH, MERCUSUAR – SMAN 1 Palu mulai melatih jiwa kewirausahaan para siswa melalui program Market Day. Program tersebut, mengharuskan para siswa membuat berbagai bahan makanan dan minuman yang akan mereka pasarkan kepada teman-temannya di sekolah, sehingga ada transaksi usaha di dalamnya. 

Kegiatan tersebut dibina langsung oleh guru pembina SMAN 1 Palu, Ratih Pramayanti yang juga dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN). Jadi sekolah menyiapkan tempat untuk para siswa melaksanakan pameran, untuk memasarkan berbagai produk makanan dan minuman, baik yang tradisional hingga yang kekinian. 

Selain itu, pihak sekolah juga menutup seluruh kantin di sekolah, agar para siswa bisa membeli berbagai jenis makanan yang disiapkan oleh para siswa pada Market Day tersebut.

“Kegiatan ini kami laksanakan dalam rangka HUT PGRI dan HGN. Tentunya dengan adanya kegiatan ini, bisa membiasakan para siswa untuk diajarkan jiwa kewirausahaan. Kegiatan ini hasil dari para guru prakarya di sekolah, yang memberikan pembinaan kepada para siswa di bidang kuliner. Jadi, mereka diajar keterampilan dan kuliner,”  kata Kepala SMAN 1 Palu, Dahlan Mohammad Saleh, Senin (27/11/2023).

Pihaknya menambahkan, khusus bidang kuliner, sekolah mengajarkan kepada para siswa untuk bisa membuat berbagai jenis kuliner atau makanan yang bisa menarik para pembeli, dan tentunya bisa menghasilkan keuntungan bagi para siswa. Sebab, sekolah juga tidak memberikan batasan kepada para siswa untuk berkreasi dalam mengelola bahan makanan. Mereka bisa membuat berbagai jenis makanan tradisional maupun kekinian. 

“Tentunya ini pembelajaran sudah kami terapkan sejak lama. Jadi, ini merupakan pameran buat mereka dalam kegiatan Market Day, sehingga dengan adanya kegiatan ini, kami harapkan agar para siswa bisa terbiasa dalam berwirausaha. Nantinya ini bisa menjadi modal mereka ke depan untuk membuka usaha mandiri,” terangnya.Dengan kegiatan ini, pihaknya berharap bisa memberikan banyak pembelajaran bagi siswa, terutama dalam hal membuat berbagai jenis makanan yang bisa diperjualbelikan, sehingga jiwa kewirausahaan mereka bisa terbentuk sejak dini. UTM

Baca Juga