Program Sejuta Rumah Dibangun di Poso

  • Whatsapp

POSO, MERCUSUAR – Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu menerima tim Asosiasi APEPPI Sulteng di ruang kerjanya, kemarin. Dalam tatap muka itu, asosiasi tersebut menjelaskan rencana pemerintah pusat soal program sejuta rumah. Kabupaten Poso termasuk dalam salah satu daerah yang akan menikmati pembangunan rumah ini.

Berita Terkait

Ketua Asosiasi APEPPI Sulawesi Tengah untuk program sejuta unit rumah, Ferry Muslym melaporkan kepada Bupati Poso bahwa dalam waktu dekat akan melaksanakan sosialisasi mengenai program ini kepada para kepala OPD, pihak TNI dan Polri sebagai calon penerima/pemilik rumah yang nantinya akan dibangun.

Diperuntukan bagi yang belum memiliki rumah, masyarakat juga dapat memiliki dengan berbagai macam persyaratan yang salah satunya adalah memiliki BPJS.

Koordinator APEPPI Sulteng, Sadrak Matasak, bersama anggota APEPPI Moh. Hasyim Dg Situju menyampaikan bahwa rumah murah dan tanpa DP ini merupakan program pemerintah pusat diperuntukan bagi PNS, TNI dan Polri yang belum memiliki rumah.

Masyarakat lain juga dapat memilikinya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Rencana pembangunan akan dilaksanakan di Kelurahan Moengko, sebanyak 300 unit dan Kelurahan Ranononcu sebanyak 200 unit. Target 10 ha lahan yang akan menjadi lokasi pembanguman.

Pelaksanaannya bertahap sampai dengan tahun depan (2019) yang rencananya akan dibangun hingga mencapai 1300 unit. Bank BPD yang sudah menjawab mampu untuk bekerja sama, dalam hal ini sebagai tempat menitipkan dana.

Star awal dana yang akan digelontorkan mencapai Rp 86 miliard untuk 500 unit rumah. Rumah yang akan dibangun, tipe 3×6 dengan luas lahan sekitar 10×15 berbentuk kopel, 1 kopel terdiri dari 2 unit.

Kondisi ini memungkinkan masih ada halaman kosong yang dapat digunakan oleh pemilik rumah untuk menambah kreasi memperindah halaman.

Bupati Poso sangat mendukung program ini dan Pemda akan membantu seperlunya untuk mempercepat proses terlaksananya kegiatan ini.

Selain tidak menggunakan DP/uang muka, rumahnya juga dapat langsung diangsur setelah calon pemilik mendapatkan kunci rumah. Juga dengan jumlah angsuran yang sangat kecil sekitar seratus ribu lebih dan nantinya akan disesuaikan pada saat sosialisasi.

Pelaksana pekerjaan, oleh PT. Nawawi Putera Pratama yang beralamat di Poso. Sangat banyak bantuan yang masuk untuk Kabupaten Poso, sehingga Bupati Poso meminta untuk terus berupaya dan bekerja keras agar pencapaian pmbangunan dapat segera terlaksana dengan baik.

“Masyarakat sebagai penikmat akan merasakan manfaatnya. Mari bersama untuk mengerjakan kebaikan,” katanya.MAN

 

 

 

 

 

Pilihan Redaksi :  Binda Sulteng, Target Capaian 100 Persen Vaksinasi

Baca Juga