Bahas Draft  RPJMD Inklusi, JMK YLBH APIK Libatkan Organisasi Kelompok Rentan

  • Whatsapp
FOTO DRAFT RPJMD INKLUSI

PALU, MERCUSUAR – Peran perempuan dan kelompok rentan dianggap penting untuk diakomodir, dalam kebijakan program pembangunan berkelanjutan melalui penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Inklusi di Provinsi Sulteng tahun 2021-2025.

Hal itu dikatakan Program Manager ERT-DRR JMK YLBH APIK Sulteng, Ichan melalui rilisnya kepada Media ini, Senin (22/3/2021).

Menurutnya, Sulteng selaku provinsi yang telah melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan terpilih pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur baru, dirasa perlu untuk menemukan momen tepat untuk membahas hal tersebut bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Dinas Sosial (Dinsos) dan forum kelompok rentan provinsi dan organisasi masyarakat sipil lainnya.

“Kita telah melakukan pertemuan penyusunan rancangan RPJMD yang inklusi dengan melibatkan perwakilan kelompok rentan dan organisasi masyarakat sipil di Sulawesi Tengah bersama Bappeda dan Dinsos Sulteng, pada Sabtu (20/3/2021) akhir pekan lalu,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, kegiatan dilaksanakan dengan tujuan dapat terwujudnya kebijakan program yang diakomodir untuk perempuan dan kelompok rentan dalam pembangunan berkelanjutan melalui penyusunan rancangan RPJMD inklusi Provinsi Sulteng Tahun 2021-2025.

Sementara itu, Program Officer ERT-DRR JMK YLBH APIK Sulteng, Maspa Labenu menambahkan kegiatan fasilitasi pertemuan penyusunan draft RPJMD yang inklusi tersebut, untuk menghubungkan bahasa perencanaan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng terpilih, Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir yakni ‘tidak ada kata berhenti untuk kesejahteraan rakyat, gerak cepat menuju Sulteng lebih sejahtera dan lebih maju.’

Pertemuan ini menjadi kesempatan bagi organisasi sipil untuk memberikan masukan penyusunan RPJMD inklusi, yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi masing-masing kelompok,” tutur Maspa.

Pertemuan yang dibuka oleh Kepala Bidang Perencanaan Makro dan Dalmonev Bappeda Sulteng, Rivan Burase tersebut, turut dihadiri Ketua Tim Penyusun RPJMD Gubernur terpilih Moh Ahlis Djirimu Ph.D bersama anggotanya dan perwakilan Dinsos Sulteng.

Baca Juga