Kemenag Tolitoli Laksanakan Pengukuran Kebugaran Jasmani CJH

  • Whatsapp
TOLITOLI-c7c75d8c
Suasana pengukuran kebugaran jasmani dan pemeriksaan kesehatan bagi CJH di Kabupaten Tolitoli. FOTO: HUMAS KEMENAG

TOLITOLI, MERCUSUAR – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tolitoli bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tolitoli melaksanakan pengukuran kebugaran jasmani dan pemeriksaan kesehatan bagi Calon Jemaah Haji (CJH), di halaman Masjid Agung Al Mubarak Tolitoli, Minggu (15/5/2022).

Kasi PHU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli, Ulfa Yunus, menyampaikan kegiatan tersebut merupakan salah satu tahapan persiapan pemberangkatan CJH tahun 2022.

Berita Terkait

Ia mengucapkan terimakasih kepada CJH yang mengikuti rangkaian kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengukuran kebugaran jasmani tersebut.

Pilihan Redaksi :  Bupati Sigi dan Kajari Donggala,  Hadiri Penghentian Kasus KDRT Warga Desa Kotapulu

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat penting dilakukan, karena ibadah haji merupakan salah satu ibadah fisik yang memerlukan waktu cukup lama dan bertempat di luar negeri yang memiliki kondisi lingkungan berbeda dengan Indonesia, sehingga memerlukan kondisi tubuh yang bugar dalam menjalankannya.

“Jemaah haji harus mempersiapkannya jauh-jauh hari, dengan cara berlatih fisik atau berolah raga”, kata Ulfa.

Pengukuran kebugaran jasmani bagi CJH juga ditujukan untuk menentukan program latihan yang sesuai porsi atau kondisi fisik masing-masing calon jemaah.

“Latihan fisik yang sesuai kondisi tubuh akan bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran,” imbuhnya.

Setiap CJH, lanjutnya, yang mengikuti pengukuran kebugaran jasmani akan mengetahui kondisi tubuh, apakah tingkat kebugarannya dalam kategori baik, cukup atau kurang. Berdasarkan hasil kondisi tersebut, tim dokter akan memberikan rekomendasi latihan fisik yang sesuai untuk masing-masing calon jemaah. */IEA

Baca Juga