Pemkab Sigi Agendakan Libu Mbaso Setiap Tahun

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Wakil Bupati (Wabup) Sigi  Samuel Yansen Pongi menghadiri dan sekaligus membuka secara langsung kegiatan dialog Libu Mbaso, bertempat di Desa Tomado Kecamatan Lindu, Jumat (24/11/2023). 

Libu Mbaso merupakan pertemuan besar dewan adat dan majelis adat, untuk membahas perkembangan informasi terkini mengenai persoalan-persoalan adat yang ada di masing-masing kecamatan ataupun desa.

“Kegiatan Libu Mbaso akan diagendakan minimal setahun sekali, agar sesama Majelis Adat dapat berkoordinasi dan bersilahturahmi,” jelas Samuel.

Ia juga mengatakan bahwa Kecamatan Lindu akan dicanangkan menjadi kawasan khusus dalam pengelolaan danau.

“Pemerintah sudah mengusulkan secara resmi kepada kepolisian untuk adanya Restorative Justice, atau hukum positif dan nantinya akan diakui negara,” kata Samuel.

Kata dia, ke depan Dewan Adat dapat mengambil bagian dalam membuat kesepakatan bersama secara hukum. Jika usulan tersebut diterima, maka Dewan Adat dapat berperan aktif dalam persoalan hukum termasuk pemberantasan narkoba.

Samuel juga mengungkapkan, pada tahun depan akses menuju Kecamatan Lindu akan selesai diperbaiki, sehingga diharapkan tidak ada truk yang bisa masuk sembarangan ke Kecamatan Lindu.

“Bisa masuk, akan tetapi harus memiliki surat rekomendasi dari pemerintah setempat,” imbuhnya. */AJI

Baca Juga