Rp13 Miliar untuk Pembelian Genset

Yusfatan

MOROWALI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan menganggarkan Rp13 miliar untuk pembelian mesin genset.

“Mesin tersebut untuk memenuhi kebutuhan listrik di Kecamatan Bumi Raya dan Witaponda,” kata Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Morowali, Yusfatan, Jumat (5/7/2024).

Ua menjelaskan, pengadaan mesin tersebut dilakukan karena kebutuhan listrik masyarakat listrik di dua kecamatan itu semakin mendesak.

“Pengadaan mesin sebesar 2×2 Megawatt (MW),” imbuh Yustafan.

Pengadaan mesin itu, lanjut Yustafan, sudah dimasukkan ke dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) tahun 2024. Rencananya, pada pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) akan diusulkan pada bulan Agustus mendatang.

“RKA-nya sudah jadi tinggal menunggu pembahasan APBD Perubahan. Yang sekarang saya tunggu surat persetujuan dari PLN, karena tidak mungkin saya beli mesin tapi tidak ada keterangan dari PLN, bisa jadi temuan nanti,” ucap Yusfatan.

Demi kelancaran pengadaan dan operasional mesin tersebut, Yustafan menyebut pihaknya juga telah melakukan komunikasi dan pertemuan bersama PLN ULP Bungku dan ULP 3 Palu.

“Kebutuhan rumah tangga akan listrik kita di Morowali ini sangat besar. Apalagi dengan hadirnya industri. Banyak dibangun penginapan, perumahan, kos dan toko-toko. Terutama di Desa Topogaro (lokasi PT IHIP), itu membutuhkan listrik yang besar,” ungkapnya.

Pos terkait