Sekdaprov Harap TPID Banggai Lebih Baik Lagi

  • Whatsapp

BANGGAI, MERCUSUAR – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Mohammad Hidayat Lamakarate membuka rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah evaluasi (TPID) Kabupaten Banggai, Hotel Santika (25/4/2018)

Selaku Sekdaprov yang juga Ketua Harian TPID Sulteng, Hidayat Lamakarate menyebutkan pelaksanaan rapat evaluasi ini merupakan salah satu program kerja TPID pemrpov. Program ini sebagai tindak lanjut terhadap kabupaten sejauh mana melakukan kegiatan terkait dengan pengendalian inflasi di kabupaten.
Ia mengatakan, dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 23 Tahun 2017 tentang tim pengendalian inflasi nasional dan keputusan Mendagri Nomor 500.05-8135 Tahun 2017 tentang tim pengendalian inflasi daerah.

Berita Terkait

“Serta Permenko Bidang Perekonomian Nomor 10 Tahun 2017 tentang mekanisme dan tata kerja tim pengendalian inflasi daerah kabupaten/kota,” katanya.

Hal ini lanjut Hidayat Lamakarate, menunjukkan keseriusan pemerintah terkait dengan kegiatan pengendalian inflasi nasional sampai ke daerah. Kalau keputusan Mendagri sebelumnya yang menjadi Ketua TPID baik di provinsi maupun kabupaten/kota adalah sekretaris daerah seluruh Indonesia. Namun pada Keppres dan Keputusan Mendagri tersebut di atas, maka yang menjadi Ketua TPID saat ini Gubernur tingkat provinsi, dan bupati dan walikota untuk tingkat kabupaten/kota.
“Rapat evaluasi TPID di Banggai dapat mengevaluasi kegiatan – kegiatan yang telah dilakukan selama ini sehingga ke depan bisa lebih baik lagi,” ujar Hidayat Lamakarate.

Kalau selama ini katanya, di Sulteng baru di Kota Palu yang dihitung angka inflasinya secara nasional, namun tahun depan Kota Luwuk sudah menjadi salah satu kota yang akan dihitung angka inflasinya secara nasional, sehingga dapat berkontribusi untuk menekan laju inflasi di Sulteng.

“Menjelang bulan suci Ramadan, kiranya tim pengendalian inflasi Banggai memperhatikan kemungkinan akan melonjaknya harga kebutuhan pokok masyarakat,” tutur Hidayat Lamakarate.

Menurut Hidayat Lamkarate, untuk menekan itu bila perlu melaksanakan kegiatan pasar murah atau operasi pasar, sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi selama pelaksanaan bulan suci Ramadan bahkan sampai pada pelaksanaan hari raya Idul Fitri nanti.

Kegiatan ini diikuti oleh Sekretaris Daerah Banggai, Kepala Biro Administrasi, Perekonomian Sulteng, Richard Arnaldo, perwakilan Bank Indonesia di Sulteng, TPID Provinsi dan Banggai, serta diikuti dari pihak TNI/Polri. BOB

Baca Juga