KPU Ajak Masyarakat Berikan Tanggapan dan Masukan

  • Whatsapp
KPU

PALU, MERCUSUAR – Usai Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu tahun 2020 di Palu, ditetapkan pada 15 September 2020, KPU Kota Palu mengelar Rapat Koordinasi Desiminiasi Informasi Masa Penerimaan Masukan dan Tanggapan Masyarakat Terhadap DPS, bersama partai politik dan sejumlah media massa di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (22/9/2020).

Berdasarkan landasan PKPU Nomor 5 tahun 2020, mulai tanggal 19 sampai dengan 28 September 2020, masyarakat dapat melihat di papan informasi, yang ada di masing-masing kelurahan di Kota Palu, apakah namanya sudah tercantum dalam DPS atau belum.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  8822 Calon Mahasiswa Ikuti UTBK SBMPTN Untad

“Masyarakat dapat memberikan tanggapan dan masukan terhadap DPS yang telah diumumkan, dengan mengisi formulir yang telah disiapkan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), di kantor sekretariat PPS,” jelas Komisioner Divisi Teknis dan Data KPU Kota Palu, Idrus.

Ada tiga hal utama terkait tanggapan dan masukan menurut Komisioner Divisi Teknis dan Data ini. Pertama, masyarakat dapat mendaftarkan namanya jika belum tercantum dalam DPS. Kedua, masyarakat dapat mengoreksi komponen data jika terjadi kekeliruan. Dan ketiga adalah untuk emberikan informasi atau masukan perihal nama-nama yang sudah berkategori Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Tentu semua itu harus dibuktikan dengan identitas kependudukan dan/atau bukti lainnya,” jelas Idrus.

Pilihan Redaksi :  Satgas Adipura Diturunkan Bersihkan Lokasi Haul 

Penempelan DPS yang dilakukan KPU bersama badan ad hoc-nya secara serentak, bertujuan untuk melindungi hak pilih masyarakat. Selain itu, akurasi dan pemutakhiran data juga menjadi tujuan utama dalam masa pengumuman dan tanggapan masyarakat terhadap DPS.

“Oleh karenanya, kami mengajak seluruh komponen masyarakat berpartisipasi aktif dalam gerakan melindungi hak pilih ini, jangan sampai ada warga masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih di Pemilihan Serentak 2020 ini,” jelasnya.

Adapun jumlah DPS (A.1-KWK) di masing-masing kelurahan diantaranya, Palu Timur sebanyak 32.997, Mantikulore sebanyak 49.816, Palu Utara sebanyak 15.861, Tawaeli sebanyak 15.361, Palu Selatan sebanyak 49.090, Tatanga sebanyak 34.559, Palu Barat sebanyak 37.231 dan Ulujadi sebanyak 22.633 dengan total keseluruhan DPS sebanyak 257.548. RES

Baca Juga