SMPN 15 Palu, Dukung Program Adipura Dalam Upaya Kelestarian Lingkungan

  • Whatsapp

BESUSU BARAT, MERCUSUAR  – SMPN 15 Palu dengan tegas menunjukkan dukungannya terhadap program Adipura yang dicanangkan oleh Wali Kota Palu. Dengan tekad yang kuat, sekolah ini terus berkomitmen menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sebagai bagian integral dari pendidikan mereka.

SMPN 15 Palu telah berhasil menanamkan karakter tentang kebersihan sekolah dalam budaya sekolahnya. Tidak hanya di dalam lingkungan sekolah, siswa juga diajarkan untuk merawat lingkungan di luar sekolah. Guru-guru dengan tegas memberikan sanksi berupa teguran kepada siswa yang membuang sampah sembarangan. Jika pelanggaran tersebut masih berlanjut, siswa akan mendapatkan konseling atau bimbingan secara individu.

Kepala SMPN 15 Palu, Hilmi mengatakan, salah satu kendala yang mereka hadapi saat ini adalah penjemputan sampah oleh mobil bak sampah. Mobil bak sampah seringkali menolak mengangkut dahan pohon yang telah dipangkas, terutama jika dahan tersebut tidak dipangkas menjadi potongan yang lebih kecil.

Meskipun menghadapi beberapa hambatan, Hilmi tetap berharap agar semangat kebersihan ini terus tumbuh. Ia menekankan, upaya ini tidak hanya menjadi bagian dari lomba atau kegiatan sesaat, melainkan harus menjadi bagian permanen dari pemikiran dan hati setiap individu. Kebersihan bukan hanya kebutuhan sementara, melainkan sebuah kewajiban yang harus kita junjung tinggi demi kelestarian lingkungan dan masa depan yang lebih baik. CR1

Baca Juga