Pelaku Musrenbang Desa Dilatih

  • Whatsapp
KEPALA Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sigi Dr Hj Asnuryati saat pembukaan pelatihan peningkatan kapasitas pemerintah dan masyarakat pelaku Musrenbang tingkat desa di gedung Serbaguna Desa Oloboju, Kecamatan Sigi Biromaru, Selasa (26/6/2018). FOTO: DOK NAKERTRANS SIGI

SIGI, MERCUSUAR – Pelaku musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat desa dilatih untuk meningkatkan kapasitasnya. Pelaku musrenbang tersebut meliputi pemerintah dan masyarakat desa.

Demikian dikatakan Ketua Panitia Kegiatan Pelatihan ‘Peningkatan Capacity Building Pemerintah dan Masyarakat Pelaku Musrenbang Tingkat Desa’ Idris Manopo, Selasa (26/6/2018).

Berita Terkait

Menurutnya, peserta pelatihan untuk di Kabupaten Sigi merupakan aparatur Pemerintah Desa Oloboju dan tokoh masyarakat. Pelatihan itu hanya di dua kabupaten, yakni Kabupaten Sigi dan Tojo Unauna.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemerintah desa dan masyarakat dalam menyusun dan merencanakan program yang akan diusulkan dalam musrenbang kecamatan dan kabupaten,” jelas Idris pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Pembangunan Daerah Tertinggal dan daerah Terpencil Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulteng.

Pilihan Redaksi :  Sigi Kota Kirim 59 Kafilah MTQ Sigi 

Dengan pelatihan itu, lanjutnya, maka pemerintah desa dan masyarakat akan menyatukan program, hingga masing-masing desa akan memperoleh program prioritas.

Dijelaskannya, pelatihan tersebut untuk membimbing pelaku musrenbang agar dalam mengusulkan program harus yang menjadi kebutuhan di desa, serta kebutuhan masyarakat.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sigi Dr Hj Asnuryati berharap peserta pelatihan dapat memahami yang disampaikan narasumber, hingga ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dalam setiap pengambilan keputusan. AJI

Baca Juga