Pemdes Diminta Tidak Main-main Masukkan Data

  • Whatsapp
HLL-e4f92ee7
FOTO: Zulfinasran

PARIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) terus melakukan perbaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) masyarakat Kabupaten Parmout. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekkab) Parmout, Zulfinasran, Rabu (16/3/2022).

Dirinya mengatakan, perbaikan DTKS penting, karena di dalamnya memuat hajat hidup orang banyak, yang masih membutuhkan pelayanan dari kebijakan – kebijakan pemerintah, baik pusat dan daerah. DTKS akan menjadi dasar dan acuan pemerintah, dalan menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang berhak menerimanya, seperti jaminan social dan jaminan kesehatan.

Sampai dengan saat ini, baik bupati maupun wakil bupati terus melakukan evaluasi, terkait pemuktahiran DTKS masyarakat Kabupaten Parmout. Hal tersebut dilakukan, agar tidak terjadi tumpang tindih data masyarakat.

Bukan hanya itu kata Zulfinasran, pemutakhiran data juga membuat penyaluran bantuan sosial lebih terarah, adil dan juga tepat sasaran. Untuk itu, pihaknya berharap agar kepada semua pihak yang terkait, terutama bagi pemerintah desa, agar benar benar teliti dalam melakukan pendataan.

“Tidak boleh tebang pilih, karena pemerintah desa bertanggung jawab terhadap masyarakat nya, sehingga tidak ada masyarakat yang berhak menerima ataupun mendapatkan, tidak masuk dalam DTKS. Apa bila nantinya Pemkab Parmout menemukan, hal itu tentunya aparatur desa bertanggung jawab terjadap pembiayaan masyarakat tersebut. TIA

Baca Juga