Pegadaian Kembangkan Inovasi Produk Terbaru

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – Untuk meningkatkan pertumbuhan pelaku UMKM, Pegadaian terus memperbaharui produk pembiayaan dalam rangka meningkatkan akses inklusi keuangan masyarakat terutama UMKM.

Produk ultra mikro (Umi) merupakan pembiayaan yang menyasar segmen pelaku usaha mikro yang sudah mempunyai usaha dan skala usahanya masih dalam tahap rintisan dengan plafon pembiayaan maksimal sebesar Rp10 juta per nasabah. “Produk Umi merupakan produk terbaru dari Pegadaian yang diperuntukkan untuk kalangan mikro dan pembiayaan bersifat produktif untuk menambah modal usaha,” kata Deputy Bisnis Pegadaian Area Palu, Agus Tokhid beberapa waktu lalu.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Kinerja Solid, BRI Raih Dua Penghargaan Bisnis Indonesia Top BUMN Award

Selain itu, ada juga program kemitraan yaitu pembiayaan dengan suku bunga rendah yang diperuntukan bagi nasabah Pegadaian yang sudah mempunyai usaha dan perkembangan usahanya bergerak naik dan kapasitas serta kredibilitas dalam pengembalian kredit sangat bagus. Program kemitraan ini sifatnya dana bergulir jika UMKM sudah menerima tidak dapat meneriman lagi pembiayaan seperti ini.

“Program kemitraan ini berasal dari laba keuntungan yang diperoleh perusahaan dan disalurkan dalam bentuk dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR),” paparnya.

Selain produk pembiayaan, Pegadaian juga mempunyai produk gadai berupa sertipikat tanah dan barang elektronik dengan kisaran nilai gadai Rp500 ribu hingga Rp10 juta. Untuk gadai Rp500 ribu tidak dikenakan sewa modal karena bertujuan untuk membantu masyarakat kalangan tidak mampu. Sedang untuk sertipikat tanah diperuntukan bagi petani yang akan kegiatan produksi menanam padi. HAI

Baca Juga