4.755 Personel Gabungan Amankan Pilkada

  • Whatsapp

BESUSU TENGAH, MERCUSUAR – Sebanyak 4.755 personil gabungan dikerahkan untuk mengamankan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak  ditiga kabupaten yakni Parmout, Donggala dan Morowali. Personel ditugaskan mulai dari pendistribusian, pemungutan hingga penghitungan suara.

Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Heri Murwono mengatakan, ribuan personil yang ditugaskan merupakan aparat gabungan dari Kepolisian, TNI, Linmas, Sat Pol PP dan Dishub. “Ini sifatnya back up, karena beban di Polres tinggi. Nanti juga sinergi dengan linmas dan aparat pemerintahan setempat,”kata Heri.

Berita Terkait

Juru bicara Polda Sulteng ini merinci jumlah anggota dalam personel gabungan yakni di Kabupaten Parmout sebanyak 2.110 personel, Donggala 1.538 personil dan Morowali 1.117 persnonel.

Pilihan Redaksi :  Untad Bersama Pemkab Poso Deklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Pamona Selatan

Menurut Heri, aparat diinstruksikan agara konsentrasi saat bertugas. Tidak membiarkan peluang gangguan, mulai dari pencoblosan sampai penghitungan. Dia pun menekankan kepada TNI/Polri untuk netral. Caranya, dengan bersikap dan bertindak tidak memihak.

Aparat kepolisian menjamin keamanan logistik untuk Pilkada serentak 2018 termasuk surat suara akan dikawal ketat hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Masyarakat, kata dia, silakan menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani mereka. Aparat yang bertugas harus menjaga netralitasnya selama Pilkada berlangsung. IKI

Baca Juga