Bantuan PIP Aspirasi Dorong Semangat Meraih Pendidikan

  • Whatsapp
SAKINAH 1-1678229c
Sakinah Aljufri (kiri) saat menyampaikan sambutan pada penyerahan secara simbolis bantuan PIP dan KIP Kuliah jalur aspirasi, kepada peserta didik sekolah Muhammadiyah di Sulteng serta mahasiswa Unismuh Palu, Selasa (28/12/2021).///FOTO: IMAM EL ABRAR/MS

PALU, MERCUSUAR – Anggota Komisi X DPR RI daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tengah, Hj. Sakinah Aljufri menegaskan, bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang diberikan melalui jalur aspirasi, bertujuan agar anak-anak di Sulteng dapat terus bersemangat untuk meraih pendidikan, agar semakin dekat mewujudkan cita-cita dan harapan generasi bangsa.

Hal itu disampaikan Sakinah, saat menyerahkan secara simbolis bantuan PIP jalur Aspirasi kepada peserta didik sekolah-sekolah Muhammadiyah di Sulteng serta KIP Kuliah kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, di aula Rektorat Unismuh Palu, Selasa (28/12/2021).

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Eko Wandowo Gelar 'Kupatan' di TVRI

“Kita membawa PIP dan KIP kuliah, harapan kita tidak ada lagi anak-anak yang tidak percaya diri untuk sekolah, tidak ada orang tua yang sedih lagi karena tidak kuliah anaknya. Dorong anak-anak semangat untuk meraih cita-cita dan harapan mereka,” ujar Sakinah.

Pada tahun ini, tercatat Sakinah memberikan PIP dan KIP Kuliah kepada sebanyak 857 peserta didik sekolah Muhammadiyah di Sulteng dan 50 orang mahasiswa Unismuh Palu. Untuk jumlah penerima PIP meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu, yang hanya 60 orang peserta didik.

“Muhammadiyah tidak meminta, tetapi ini kewajiban kami. Bahwa saya ini milik provinsi SulawesiTengah,” tegasnya.

Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulteng, Muh. Amin Parakkasi menyampaikan apresiasinya kepada Sakinah Aljufri sebagai perwakilan masyarakat Sulteng di DPR RI, yang menyalurkan jatah PIP dan KIP aspirasi kepada siswa serta mahasiswa di Sulteng.

Pilihan Redaksi :  Eko Wandowo Gelar 'Kupatan' di TVRI

Menurutnya, Sakinah yang merupakan tokoh wanita Alkhairaat sangat dekat dengan Muhammadiyah. Semangat kebersamaan tersebut, diharapkan dapat terus meningkat untuk kepentingan pembangunan bangsa dan daerah ke depannya.

“Semoga tradisi ini dapat menular ke anggota DPR RI lainnya,” imbuh Amin.

Sementara itu, Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra mengucapkan terima kasih kepada Sakinah, yang telah memberikan PIP dan KIP Kuliah jalur aspirasi kepada peserta didik mulai dari SD Muhammadiyah hingga mahasiswa Unismuh Palu.

“Jadi kepada mahasiswa, kalau sudah ada bantuan seperti ini, IP-nya harus naik, harus makin rajin belajar,” tegas Rajindra.

Pada tahun ini melalui Komisi X Sakinah membawa penambahan PIP Aspirasi untuk peserta didik di Provinsi Sulteng total sebanyak 25.000 kuota, ditambah Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sebanyak 500 kuota.

Pilihan Redaksi :  Eko Wandowo Gelar 'Kupatan' di TVRI

Jumlah tersebut disalurkan ke para peserta didik di sekolah-sekolah serta mahasiswa perguruan tinggi di seluruh Kabupaten dan Kota di Sulteng. IEA

Baca Juga