DPD FNBTI Sulteng Diminta Rawat Kebhinekaan

  • Whatsapp

TONDO, MERCUSUAR – Dewan Pengurus Daerah Forum Nasional Bhineka Tunggal Ika (DPD FNBTI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), melaksanakan deklarasi pembentukan kepengurusan, Sabtu (7/4/2018), bertempat di Ruang Senat lama Untad. Deklarasi ini dirangkaikan dengan seminar nasional bertema Nasionalisme dalam Tafsir Politik Indonesia Kontemporer, Menuju Penguatan Komitmen Kebangsaan.

Deklarasi ini ditandai dengan pengukuhan pengurus DPD FNBTI Sulteng yang dinakhodai oleh Dr Surahman Cinu, MSi, oleh Ketua Dewan Pengurus Pusat FNBTI, Dr Saiful Rochim, MSi.

Berita Terkait

Gubernur Sulteng, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Staf Ahli bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Siti Norma Mardjanu, mengapresiasi kehadiran FNBTI di Sulteng, dalam upaya merawat marwah kebhinekaan di wilayah ini, serta mengantisipasi potensi-potensi disintegrasi dan konflik yang dapat merusak marwah kebhinekaan tersebut.

Pilihan Redaksi :  Penghuni Huntap Tondo Terima Bantuan Sembako

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua DPP FNBTI, Dr Saiful Rochim, MSi. Dalam sambutannya, Dr Saiful mengatakan, FNBTI hadir untuk meneruskan perjuangan para patriot bangsa, melalui suatu pergerakan sosial untuk membangun ideologi Pancasila dan semangat Kebhinnekaan, dalam praktek keseharian sebagai warga negara Indonesia. Kehadiran FNBTI kata dia, diinisiasi oleh gabungan komunitas dari rekan-rekan lintas agama di kalangan tokoh agama, pelaku dunia usaha dan
profesional, kalangan media dan akademisi, yang memiliki misi yang sama,
untuk berkomitmen menghidupi nilai-nilai luhur warisan bangsa dan berperan dalam pembentukan  kualitas pemimpin masa depan bangsa.

Dr Saiful Rochim berpesan kepada pengurus DPD FNBTI Sulteng, untuk ikut menjaga keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berazaskan Pancasila, dengan terus mewujudkan semangat Bhinneka Tunggal Ika dan toleransi antar adat, budaya, etnis, suku, agama dan golongan, serta berjuang untuk meningkatkan kebaikan bersama (bonum commune) dalam membangun tatanan masyarakat Indonesia yang demokratis dan humanis.

Pilihan Redaksi :  Spesialis Pembongkar Sadel Motor Dibekuk

Adapun seminar nasional DPD FNBTI Sulteng, yang merupakan rangkaian acara deklarasi organisasi tersebut, menghadirkan dua narasumber, yaitu Ketua DPP FNBTI, Dr Saiful Rochim dan akademisi sekaligus praktisi, Arianto Sangadji, PhD.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Untad, Dr Muh Nur Ali, MSi, Ketua Dewan Kesenian Sulteng, Hapri Ika Poigi, sejumlah dosen di lingkungan FISIP Untad, serta perwakila organisasi kepemudaan, kemasyarakatan dan organisasi kemahasiswaan di Kota Palu. JEF

Baca Juga