Kakanwil: Petugas Haji Harus Sabar

  • Whatsapp
BIROBULI UTARA, MERCUSUAR - Menjadi petugas haji tidaklah mudah. Kelihatan sederhana. Namun, perlu latihan dan kesabaran. Demikian disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama Sulteng, Rusman Langke saat membuka ‘Sinkronisasi Tugas TPHI, TPIHI, TKHI, TPHD dan TKHD Tahun 2018 Provinsi Sulawesi Tengah’ di Swiss-Belhotel Palu, Sabtu (30/6/2018). Kegiatan ini diikuti 34 peserta, yakni 4 TPHI, 5 TPIHI, 12 TKHI, 13 TKHD, dan TPHD. Hadir pula Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumentasi Haji H. Arifin, Kepala Seksi Sistem Informasi Haji Abdul Haris, Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah H. Tasmin Husain, dan Kepala Seksi Akomodasi, Transportasi dan Perlengkapan Haji H. Azham P. Labino. Kakanwil juga mengimbau seluruh petugas haji, yang beberapa di antaranya adalah pejabat, agar memiliki leadership atau ilmu kepemimpinan yang baik. “Saya percaya bapak ibu terpilih dan terbaik membawa jemaah Provinsi Sulawesi Tengah yang sekitar 2000-an orang, olehnya pelaksanaan tugas ini diharapkan adalah yang punya leadership yang baik,” tegasnya, sebagaimana rilis Humas Kemenag Sulteng kepada Mercusuar, Minggu (1/7/2018). Menurut Rusman, para pejabat yang biasanya melakukan fungsi manajemen di instansi, kadang kala berbeda dalam pelaksanaan pada musim haji. “Karena yang dipimpin adalah jemaah haji dengan berbagai macam tingkat pendidikan. Mungkn ada yang baru pertama kali naik pesawat atau menggunakan toilet di pesawat,” tuturnya. Kakanwil berharap petugas haji dapat memberikan pelayanan dengan baik sampai hal sederhana. Jangan sampai hal-hal kecil dan sederhana dapat mengganggu pelaksanaan ibadah haji. Kakanwil memberikan motivasi dan inspirasi bagi petugas haji untuk selalu melandasi aktivitas dengan niat dan kesabaran karena Allah SWT pasti akan menolong dan memudahkan hamba-hambanya yang membantu orang lain. “Kuatkan niat dalam melanjutkan segala kebaikan dan pengabdian terbaiknya selama di tanah suci untuk memberikan kebaikan berkah kemabruran jemaah haji dalam kloter masing-masing,” katanya. Kakanwil Rusman juga mengimbau petugas haji agar selektif dalam memberikan informasi terkini melalui grup whatsapp yang dibentuk. DAR

BIROBULI UTARA, MERCUSUAR  – Menjadi petugas haji tidaklah mudah. Kelihatan sederhana. Namun, perlu latihan dan kesabaran. Demikian disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama Sulteng, Rusman Langke saat membuka  ‘Sinkronisasi Tugas TPHI, TPIHI, TKHI, TPHD dan TKHD Tahun 2018 Provinsi Sulawesi Tengah’ di Swiss-Belhotel Palu, Sabtu (30/6/2018).

Kegiatan ini diikuti 34 peserta, yakni 4 TPHI, 5 TPIHI, 12 TKHI, 13 TKHD, dan TPHD. Hadir pula   Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumentasi Haji  H. Arifin, Kepala Seksi Sistem Informasi Haji  Abdul Haris, Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah  H. Tasmin Husain, dan Kepala Seksi Akomodasi, Transportasi dan Perlengkapan Haji H. Azham P. Labino.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Terima Kunjungan M1G, Farid Podungge: Mari Kita Jaga Silaturahmi Sesama Anak Bangsa

Kakanwil juga mengimbau seluruh petugas haji, yang beberapa di antaranya adalah pejabat, agar memiliki leadership atau ilmu kepemimpinan yang baik. “Saya percaya bapak ibu terpilih dan terbaik membawa jemaah Provinsi Sulawesi Tengah yang sekitar 2000-an orang, olehnya pelaksanaan tugas ini diharapkan adalah yang punya leadership yang baik,” tegasnya, sebagaimana rilis Humas Kemenag Sulteng kepada Mercusuar, Minggu (1/7/2018).

Menurut Rusman, para pejabat yang biasanya melakukan fungsi manajemen di instansi, kadang kala berbeda dalam pelaksanaan pada musim haji. “Karena yang dipimpin adalah jemaah haji dengan berbagai macam tingkat pendidikan. Mungkn ada yang baru pertama kali naik pesawat atau menggunakan toilet di pesawat,” tuturnya.

Pilihan Redaksi :  Pj Sekdaprov Buka Sidang Tim PIPA

Kakanwil berharap petugas haji dapat memberikan pelayanan dengan baik sampai hal sederhana.  Jangan sampai hal-hal kecil dan sederhana dapat mengganggu pelaksanaan ibadah haji.

Kakanwil memberikan motivasi dan inspirasi bagi petugas haji   untuk selalu melandasi aktivitas dengan niat dan kesabaran  karena Allah SWT pasti akan menolong dan memudahkan hamba-hambanya yang membantu orang lain.

“Kuatkan niat dalam melanjutkan segala kebaikan dan pengabdian terbaiknya selama di tanah suci  untuk memberikan kebaikan berkah kemabruran jemaah haji dalam kloter masing-masing,” katanya.

Kakanwil Rusman juga mengimbau petugas haji agar selektif dalam memberikan informasi terkini melalui grup whatsapp yang dibentuk.  DAR

Baca Juga