Kampung KB Dicanangkan di Tondo

  • Whatsapp
KAMPUNG KB

TONDO, MERCUSUAR  – Kampung Keluarga Berencana (KB) Torabelo dicanangkan di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Rabu (15/8/2018). Peresmian dilakukan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Kota Palu, M. Rifani Pakamundi mewakili walikota bersama Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulteng, Abdullah Kemma  di RT III/RW I, Kelurahan Tondo.

Rifani menyampaikan Pemkot memberikan penghargaan kepada perwakilan BKKBN Sulteng  atas program nasional tersebut.  Dikatakan, Undang Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan KB  sesungguhnya tidak terbatas hanya pada masalah pembangunan KB dan Keluarga Sejahtera, namun juga menyangkut masalah pengendalian dan kesejahteraan penduduk.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Tingkatkan Pelayanan, Jasa Raharja Sulteng Gandeng 34 RS

“Kampung KB merupakan suatu wilayah setingkat RW atu setara yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program kependudukan, KB , dan pemberdayaan keluarga dengan membangun sektor terkait yang dilaksanakan secara sistematik dan sistematis,”katanya.

Dia menuturkan, pembentukan kampung KB Torabelo merupakan tindaklanjut arahan Presiden RI agar manfaat program KB dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat, terutama yang berada dalam wilayah miskin, padat penduduk, dan tertinggal di seluruh wilayah tanah air.

“Dengan dilaksanakannya pencanagan kampung KB, harapannya program KB akan dapat bergema kembali dan menjangkau masyarakat, terutama yang berada di kelurahan dan desa seluruh Indonesia,”jelasnya.

Rifani berharap Kampung KB Torabelo dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan warga sekitar, dan masyarakat Kota Palu pada umumnya.

Pilihan Redaksi :  Gubernur Sulteng Terima Penghargaan Indonesia Awards 2021

Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Abdullah Kemma, mengatakan  agar program KB dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Kelurahan Tondo,  ia berharap pemerintah daerah beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat memberikan dukungan terhadap Kampung KB.  OPD KB juga diharap bekerjasama guna melaksanakan intervensi program Kampung KB.

“Marilah kita bekerja keras untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan di Kampung KB melalui sinergitas antarsektor, baik di tingkat Kota Palu, maupun tingkat kecamatan, sehingga tujuan mensejahterakan seluruh masyarakat Provinsi Sulteng dapat kita wujudkan,” harapnya. DAR

Baca Juga