Pemkot Sebut Masalah AIDS Perlu Perhatian Khusus

  • Whatsapp

SILAE, MERCUSUAR – Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palu, dr. Husaema, menghadiri Peringatan Hari AIDS Sedunia, pada Jumat (1/12/2023). Kegiatan yang diinisiasi oleh Yayasan Banuata Pura Support bersama pihak lainnya ini, digelar di Palu Grand Mall, Kota Palu.

Asisten Husaema yang membacakan sambutan tertulis wali kota, mengajak para pihak menyambut dengan penuh semangat Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember ini, sebagai bentuk komitmen bersama dalam mengakhiri pandemi AIDS di Indonesia. 

Tema nasional yang diusung “Bergerak Bersama Komunitas Akhiri AIDS 2030”  ini memberikan tantangan bagi semua untuk bersatu, bekerja sama, dan bertindak nyata guna mencapai target yang diinginkan.

Menurut asisten, AIDS bukan hanya sekedar masalah kesehatan, namun juga merupakan masalah sosial yang membutuhkan perhatian bersama. 

“Melalui tema ini, kita diingatkan bahwa perjuangan melawan AIDS bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. Kita harus bergerak bersama, bersatu, dan saling mendukung,” ujar asisten.

Asisten menyatakan, penting untuk mencermati fakta bahwa langkah-langkah preventif, edukasi, dan perawatan yang terintegrasi adalah kunci utama dalam upaya kita mencapai target akhir pada tahun 2030. 

Pemerintah Kota Palu telah dan akan terus mendukung program-program penanggulangan AIDS, memberikan akses informasi, serta mendukung inisiatif-inisiatif lokal yang bertujuan untuk mengurangi penyebaran HIV dan meningkatkan kualitas hidup penderita AIDS.

Asisten mengajak seluruh komunitas di Kota Palu untuk tidak hanya menjadi penonton, melainkan menjadi bagian aktif dalam gerakan nasional ini. 

“Mari bersama-sama mengubah paradigma, menghilangkan stigma, dan menciptakan lingkungan yang mendukung bagi mereka yang hidup dengan HIV/AIDS,” ajak asisten.

Pendekatan ini haruslah holistik, lanjut asisten, melibatkan seluruh elemen masyarakat agar kita dapat meraih tujuan bersama menuju Indonesia yang bebas dari pandemi AIDS.

Baca Juga