Prestasi di Bidang Kesehatan Dipuji Legislator

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR- Anggota Komisi IV DPRD Sulteng, Matindas Janus Rumambi, memuji prestasi Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, di bidang kesehatan. Menurut Matindas, penghargaan Kesatria Karya Bhakti Husada kategori ‘Kartika’ yang diterima gubernur pada 2017 lalu, merupakan bukti atas  pengabdian seorang pemimpin daerah di sektor ini.

“Ini juga tentu menjadi kado manis di HUT Sulteng ke-54 karena banyak prestasi menonjol di bidang kesehatan di masa dua periode kepemimpinan beliau,” ujar Matindas, Kamis (12/4/2018).

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Bentuk Hukum BUMD Kota Palu akan Direvisi

Matindas menilai, gubernur begitu peduli dan aktif turun langsung di tengah-tengah masyarakat dan staf untuk mengawasi berbagai kegiatan bidang kesehatan, hingga mengangkat derajat kesehatan serta memotivasi masyarakat untuk hidup sehat.

Berada di komisi yang juga membidangi persoalan kesehatan, Matindas mencatat bahwa banyak terobosan yang dilakukan Longki untuk kesehatan di daerah. Salah satunya dengan membentuk tim terpadu pengendalian Schistosomiasis sehingga prevalensi penyakit langka dan berbahaya yang ditularkan keong schisto itu bisa turun dari 4 pada 2011 menjadi di bawah 1 saat ini.

Apresiasi lainnya karena gubernur telah membuat perda kawasan-kawasan tanpa rokok, dan akan menjadi model percontohan karena gubernur sudah berhenti merokok. Kebijakan lainnya adalah pengendalian vilariasis, HIV/Aids, malaria dan penyelenggaraan jaminan kesehatan masyarakat secara terintegrasi, terkoordinasi, sinkron dan sinergis. FIT

Baca Juga